Cirebon, Pakuan pos – Jajaran pengurus dan management Yayasan Baitul insan Ar-Raasyid hari Sabtu, (29/2/2020) melakukan kunjungan silaturahmi ke Keraton kasepuhan Cirebon Jawa barat, dan diterima langsung oleh PRA. Arief Natadiningrat / Sultan sepuh XIV di ruangannya sekira pukul 08.30 WIB pagi.

Kunjungan tersebut, selain silaturahmi langsung dengan sultan Arief, sekaligus wisata religi, sejarah dan budaya di kesultanan Cirebon.

Mewakili ketua yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, ustadz H. Nurdin memperkenalkan jajaran pengurus, management, dan yang hadir dalam pertemuan silaturahmi itu kepada Sultan Arief.

“Assalamu’alaikum wrwb, sebelumnya kami menyampaikan terimakasih kepada kasultanan kasepuhan Cirebon, sultan Arief dan jajarannya yang sudah bersedia menerima silaturahmi dari Yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, mudah-mudahan silaturahmi ini menjadikan keberkahan,” kata ustadz H. Nurdin. (29/2).

Sementara itu, PRA. Arief Natadiningrat mengucapkan terima kasihnya kepada rombongan dari yayasan Baitul insan Ar-Raasyid sukabumi yang sudah jauh-jauh datang untuk silaturahmi ke kasepuhan.

Dalam pertemuan, Sultan Arief menceritakan dan menjelaskan secara detail, mengenai sejarah keraton kasepuhan, perkembangan budaya dan penyebaran Islam pada saat dahulu kala oleh syekh Syarif Hidayatullah/sunan gunung jati.

“Terimakasih, selamat datang di kasepuhan kasultanan Cirebon yang luasnya 25 hektar, dan bangunnya masih asli berusia ratusan tahun, dan masih bisa terlihat aslinya. Terdapat juga peninggalan-peninggalan bukti sejarah yang tersimpan rapih dan bisa dilihat di museum sekitar kompleks ini, dan semua itu masih terawat dan terjaga. Terimakasih, dari yayasan Baitul insan Ar-Raasyid sudah bersilaturahmi,” terang Sultan Arief.

Ditempat yang sama, ketua yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, Hj. Eti Sumiati yang didampingi oleh H. Achmad Syarifudin, ustadz H. Nurdin, ustadz H Rahmat, ustadz H. Apen, ustadz Asep, dan Jajaran pengurus management yayasan.

Ketua yayasan, Hj. Eti Sumiati sempat terlibat perbincangan, dan berterima kasih kepada Sultan, atas kesediaannya menerima kedatangannya. “Terimakasih pak Sultan, sudah menerima kami, dari yayasan Baitul insan Ar-Raasyid travel umroh dan haji yang bertempat di kalapanunggal Sukabumi,” ujar pimpinan yayasan, Hj. Eti Sumiati.

Tidak kurang dari satu jam pertemuan berlangsung dalam suasana hangat, jamuan, dan penuh dengan kekeluargaan. Ketua yayasan, Hj. Eti Sumiati memberikan cinderamata berupa lukisan foto, dan syal yayasan kepada Sultan Arief.

Usai pertemuan, dilanjutkan dengan foto bersama dan berkeliling diseputaran kompleks Keraton melihat-lihat situs cagar budaya. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan untuk berziarah ke makam sunan gunung jati, dan syekh djatul Kahfi. (ADj)