Sukabumi, Pakuan pos – Yayasan Baitul Insan Ar – Raasyid merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang usaha travel Umroh yang beralamat di Kampung Palasari Wates, Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapa Nunggal, Sukabumi, yang hadir untuk kemudahan serta berbagai fasilitas unggulan yang tidak dimiliki oleh lembaga lain yang bergerak dibidang yang sama.

Ditemui disela pengajian rutin bulanan yang digelar di majelisnya, Hj. Eti Sumiati Ketua Yayasan yang didampingi sang suami H Ahmad Syarifudin menjelaskan, sebagai putri asli daerah Kalapanunggal dirinya termotivasi untuk mendirikan Yayasan Sosial yang bergerak dibidang travel keberangkatan ibadah Umroh. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pedalaman agar dapat menunaikan ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekah dengan berbagai kemudahan dan berbagai fasilitas yang tidak dimiliki oleh pihak yang bergerak dibidang yang sama.

“Bidang usaha yang dijalankan yayasan kami ini sudah berjalan sekitar satu tahun. Sebelum wabah Corona melanda, tiap minggu kami memberangkatkan para jemaah. Hanya beberapa bulan terakhir sepanjang Pandemi ini kegiatan pemberangkatan untuk sementara kami hentikan sementara. Yang masih kami laksanakan hanya pengajian rutin bulanan yang digelar di minggu ke dua setiap bulan, tentunya dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan “, jelas Hj Eti Sumiati. Minggu (11/10).

Lebih lanjut Eti menyebutkan, salah satu program unggulan yang dimiliki yayasanya yakni program September Ceria, yakni bagi para pendaftar umroh yang mengikuti promo di periode September – Desember, dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 1,5 Juta Rupiah untuk dua orang, maka pendaftar akan langsung mendapat cashback dalam bentuk emas Logam Mulia (LM) seberat 1 gram.

“Logam mulia tersebut bisa dijual kembali kepada kami, bisa juga digadaikan ke mitrakerja kami yakni pegadaian syariah, atau bisa juga diuangkan untuk bekal jemaah haji ketika melaksanakan ibadah di tanah suci”, katanya.

Untuk biaya Umroh tahun ini, lanjut Eti, pihaknya belum bisa menentukan, karena kondisi wabah Corona yang masih juga belum berakhir. Namun menurutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, diprediksi ibadah Umroh tahun 2020 ini akan dibuka pada bulan November mendatang dan berlaku untuk semua negara.

Sementara itu H. Ahmad Syarifudin, menambahkan bidang usaha yang dikelola bersama istri serta jajaran pengurus yayasannya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar yayasan khususnya, maupun masyarakat umum di luar daerah. Lebih utamanya lagi untuk menyeimbangkan antara ikhtiar yang bersifat duniawi dengan ikhtiar sebagai tabungan untuk bekal di akhirat nanti.

“Semoga apa yang kami lakukan selama ini menjadi manfaat khususnya bagi keluarga kami dan umumnya bagi seluruh umat muslim, amiin”, tandasnya. (Tim)