Sukabumi, Pakuan Pos – Hidup bergotong royong adalah wujud adanya satu persatuan, dan itu adalah warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia, tapi dengan berjalannya waktu, semua orang disibukkan oleh kepentingan dan kebutuhan kebutuhannya akhirnya lama kelamaan pola hidup bergotong royong di masyarakat itu seakan-akan tergerus oleh keadaan serta lajunya jaman.

Berbeda dengan apa yang terjadi di masyarakat kampung Cipancur, desa pada asih kecamatan Cisaat.
Dengan wujud kebersamaan dan keinginan yang kuat mereka sama- sama bergotong royong untuk membangun jalan lingkungan yang panjangnya kurang lebih satu kilometer.

Terkait dengan keterangan di atas, maka pada hari Minggu, 12 Juni 2022 jalan tersebut di resmikan oleh Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM. yang di dampingi oleh kepala-kepala dinas, di antaranya; kepala dinas pekerjaan umum Asep Ja’far, Infokom, Dandim 0607 unsur Korpimcam, jajaran parade Nusantara, serta tamu undangan lainnya.

Dalam pidato nya beliau menyampaikan, dengan sudah terbangunnya jalan lingkungan hasil dari sikap gotong royong oleh masyarakat kampung Cipancur desa pada asih ini, semoga akan menjadi embrio bagi masyarakat lain agar terbangun nya motivasi tanggungjawabnya terhadap lingkungan masing-masing, dan semoga dengan adanya jalan lingkungan ini akan lebih memperlancar mobilisasi perekonomian khususnya para UKM yang ada di Desa pada asih tersebut, khususnya untuk masyarakat kampung Cipancur.

Di samping itu, beliau juga menambahkan pemerintah daerah akan terus konsen terkait dengan program pembangunan di daerah, utamanya hal terkait dengan pembangunan infrastruktur di kabupaten Sukabumi ini.

Di sisi lain bapak Yosef Ismatullah selaku tokoh masyarakat Cipancur menyampaikan, Terbangunnya jalan lingkungan ini, merupakan bukti sikap adanya sikap kegotongroyongan yang dilandasi oleh niat yang kuat serta ikut memberikan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, serta kemajuan pembangunan desa pada asih ini.

Semoga apa yang telah kami lakukan ini akan di jadikan contoh dan kesadaran sikap untuk daerah lainnya, bahwa kenyamanan lingkungan, Serta keberhasilan pembangunan di daerah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi tanggungjawab kita semua selaku masyarakat Indonesia. imbuhnya.

Di tempat yang sama ketua panitia gotong royong pembangunan jalan lingkungan ini yang biasa di panggil dengan mang badak ikut menambahkan, pembangunan jalan lingkungan ini adalah murni dari wujud kebersamaan dan kekompakan dari masyarakat kampung Cipancur, dan terbangunnya rasa memilki serta tanggungjawab terhadap lingkungan nya sendiri. (*)