Cisarua, Pakuan pos – Keluhan warga atas pembangunan Vila Pratama di kampung Sampai, Legok Soso Desa Tugu selatan, kabupaten Bogor, Jawa barat mulai terdengar. Kekhawatiran akan terjadi longsor selalu menghantui setiap waktu, sebab pondasi vila yang berdekatan dengan rumah warga tidak menggunakan pondasi, tapi hanya berupa tiang – tiang saja.

Selain itu, kebisingan kerap dirasakan oleh warga, ketika ada tamu yang berkunjung. Hal tersebut dirasakan oleh Muhaemin (52) warga pribumi yang lokasi rumahnya persis dibelakang Vila Pratama.atas kejadian itu, diapun sempat mendatangi kantor desa, kecamatan hingga Pol-PP Kabupaten Bogor untuk mengadukan aktivitas wisatawan asal Timur Tengah yang kerap melakukan tari-tarian pada malam hari dengan suara musik yang sangat mengganggu.

“Bukan hanya musik, kadang mereka sering teriak-teriak, sementara, sebagian warga disekeliling vila sedang tidur, terus terang sangat terganggu,” ungkap Muhaemin kepada wartawan, Jumat (15/11)

Keberadaan para wisatawan ini sudah sangat mengganggu warga sekitar. Seharusnya, kata dia, pengelola vila juga membuat aturan tata tertib tamu saat berada di vila,” Ini kadang sampai pagi mereka masih pada nyanyi,” kesalnya.

“Terkait bangunan pun demikian, saya sudah meminta pihak pengelola untuk membuat pondasi, tapi tidak digubris,” papar Muhaemin.

Dia sangat menyesalkan, Pemerintah desa dan kecamatan yang seolah tidak merespon pengaduannya.” Saya sudah lapor hampir dua Minggu lalu tapi tidak ada tindakan, saya datang ke Mako Pol-PP Cibinong katanya iya tapi ga ada juga,” sesal dia.

Kepala Unit Pol-PP Kecamatan Cisarua, Muhtar mengatakan, terkait adanya laporan warga Kampung Sampay itu, pihaknya langsung bergerak ke lokasi yang diadukan,” Kami langsung komunikasikan dengan pengelola hotel dan mereka siap saat didatangi, kalau sekarang memang masih membandel juga, maka akan kami tindak tegas,” ujar Muhtar.

Pemilik Vila Pratama, Hendrik, mengatakan, akan segera membenteng lokasi yang jadi kekhawatiran warga. “Kami akan secepatnya membenteng lokasi yang dikhawatirkan longsor itu, secepatnya,” kata dia melalui sambungan telpon. (Abdan)