Sukabumi, Pakuan pos – Lingkungan masyarakat kecil di tingkat desa seperti Dusun dan RT memerlukan sistem keamanan lingkungan yang di singkat, Siskamling sebagai salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat di Desa.

Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas seperti; Pencurian, Pembegalan, Curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, maka di lingkungan RT 017/007 kampung Cirangkong, desa Makasari, kecamatan Kalapanunggal, kabupaten Sukabumi Jawa barat, mulai Rabu (11/3/2020) malam, warganya mulai melaksanakan kegiatan ronda.

“Alhamdulillah mulai malam ini, Rabu malam Kamis warga sudah melaksanakan kegiatan Ronda malam,” kata ketua RT 017, Yusuf Supriadi atau yang biasa akrab disapa Ucup.

Sebelum kegiatan itu dilaksanakan. Lanjut Yusuf, siangnya ia mendatangi rumah-rumah warga, guna mensosialisasikan hal itu kepada semua warga dilingkungan ke RT-an setempat, dengan membawa jadwal ronda.

“Jadwal ronda ini, untuk mengingatkan kewajiban mereka, dan sebuah bentuk tanggungjawab untuk melaksanakannya,” ujarnya.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri. Sambungnya, sangatlah banyak diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atauapun bencana alam.

“Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar penduduk dalam suatu Dusun atau RT,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dirinya pun berharap dan berpesan kepada warga khususnya dilingkungan RT 017 diminta kesadarannya, berperanaktif dan berinisiatif tanpa harus diingatkan kembali.

“Kita sama-sama belajar, dan mudah-mudahan ada kesadaran dari kita semua untuk menjalankan kewajibannya, karena sebelumnya sudah kita sosialisasikan dan juga diinformasikan, insyaallah adapun kekurangannya bisa sambil berjalan,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, di jadwal ronda tersebut tertulis waktu yang sudah ditentukan. Yaitu, jam ronda malam dimulai pukul 21.00 WIB sampai dengan selesai. Dan bertanda tangan lengkap, disertai cap/stempel dari unsur wilayah desa makasari. Itu artinya resmi. (ADj)