Warga Pondok Giri Harja Endah Bandung, Potong Kurban

0
338

Bandung, News Warta Publik – Ibadah kurban ini bukan saja sebagai upaya mewujudkan kesalehan individual, melainkan juga berupaya meningkatkan kesalehan sosial.

Menyembelih hewan kurban pada Idul Adha juga dimaksudkan untuk menumbusuburkan satu sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim as yang diperintahkan melalui mimpi untuk menyembelih anaknya, Ismail as yang sangat dicintainya.

Lalu, karena ketaatannya itu, Allah Swt kemudian menggantikan dirinya dengan menyembelih seekor domba yang terus berlanjut sampai akhir zaman (QS. Ash-Shaffat: 102-111).

Tadi pagi, Rabu (22/8/2018) warga dilingkungan RW 10, komplek pondok giri Harja Endah Jelekong Baleendah Bandung Jawa barat melaksanakan pemotongan hewan kurban sapi yang dilakukan di halaman masjid Al-Kautsar.

Ketua DKM Masjid Al-Kautsar, Ir Hendrie Chandra mengisahkan pengorbanan Nabi Ibrahim as yang paling besar dalam sejarah umat manusia itu membuat Ibrahim menjadi seorang Nabi dan Rasul yang besar. Peristiwa ini bagi kita umat Islam harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang mengandung pembelajaran tentang pentingnya takwa kepada Allah Swt.

“Pentingnya hubungan baik dengan sesama manusia, dan pentingnya memperkuat kesadaran diri dan memperkukuh semangat empati,” kata Hendrie.

Ditempat yang sama, ketua RW 10 kelurahan Jelekong. Dedi Mustruli menambahkan, Selain sebagai bentuk taqarrub kepada Allah Swt, dengan berkurban juga menunjukkan kasih sayang kita kepada sesama, terutama pada kaum dhuafa dan fakir miskin yang membutuhkannya.

“Patut disadari bahwa Hari Raya Idul Adha ini merupakan momentum untuk mengasah kepedulian dan kepekaan sosial kita terhadap sesama,” ujarnya.[ Red ]

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik