Kalapanunggal, Pakuan pos – Pesta demokrasi pemilihan Ketua RW 07 dikampung cirangkong, desa makasari, kecamatan kalapanunggal, kabupaten Sukabumi Jawa barat disambut antusias warga sekitar. Minggu, (29/12/2019).

Warga sejak siang pukul 12.30 WIB berdatangan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suaranya. Mereka tampak tertib menunggu panggilan dari panitia untuk memasuki bilik suara. Yang bertempat dan dilangsungkan di madrasah DTA At-Taqwa.

Pantauan Pakuan pos saat berada di lokasi, pemilihan dimulai sekitar pukul 13.30 sampai dengan penghitungan suara pukul 15.30 WIB sore. Sebelum mencoblos, panitia memanggil satu persatu pengguna hak suara dari wilayah ke RT-an masing-masing.

“Ada lima ke RT-an, setiap wilayahnya mendelegasikan empat orang perwakilannya untuk menggunakan hak pilihnya,” kata panitia panitia, Asep disela acara.

Usai mencoblos, sebagian pemilih tampak berseri-seri seraya berharap jagoannya menang. Warga lainnya juga berharap pemilihan Ketua RW tersebut dapat membawa perubahan dalam pengelolaan kawasan setempat.

“Siapapun yang terpilih, hendaknya dapat membawa lingkungan RW 07 yang lebih baik lagi,” kata salah satu warga usai ke luar dari bilik suara.

Sebagai informasi, RW 07 membawahi 5 ke RT-an, yaitu: RT 16, 17, 18, 19, dan 28. Ada tiga kandidat yang ikut meramaikan pemilihan ketua RW 07 tersebut, yakni: nomor urut 1, Tedi Permana, 2, Teteng Sutedi, 3, Yudi Hermawan. Hasil pemilihan, Yudi Hermawan terpilih sebagai ketua RW 07.

Dalam sambutannya, ketua RW 07 terpilih Yudi Hermawan menyampaikan terimakasih kepada warga dari setiap ke RT-an yang sudah memberikan amanah kepada dirinya.

“Sebelumnya saya tidak berniat mencalonkan, berhubung dari ke RT-an 19 tidak ada yang mencalonkan maka terpaksa saya ikut mencalonkan,” ujar Yudi Hermawan.

Sementara itu, mewakili pemerintahan desa makasari yang diwakili oleh Ela mengatakan mengenai tupoksi RW, dimana tupoksi RW adalah; membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab pemerintah daerah memelihara kerukunan hidup masyarakat menyusun rencana, dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

“Ketua RW harus bisa berkoordinasi dengan para RT nya, untuk kelancaran pelayanan terhadap masyarakat,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala dusun cirangkong, Ujang Jaenudin mengatakan dirinya menyampaikan dan menjalankan tugas dari kepala desa makasari untuk melaksanakan pemilihan ketua RW.

“Mengingat masa kerja ketua RW sudah lebih dari lima tahun,” pesan Kadus cirangkong.

Hadir dalam kegiatan tersebut, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda di wilayah setempat. (ADj)