Jakarta, Pakuan Pos – Sebagai wujud aksi kemanusiaan dan kepedulian dalam menghambat penularan Covid-19, Ikataan Alumni SMAN 30 Jakarta (ILUNI 30) hari ini menggelar Donor Plasma Konvalesen yang diikuti 130 pendonor (22/08/2021). Dibuka oleh Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta didampingi Kadinkes DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Pusat, aksi donor konvalesen ini diharapkan mampu menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19, di samping membantu percepatan program 1.000 kantong plasma konvalesen. Ikut hadir pula
Yusuf Ateh selaku Kepala BPKP RI, H. Rustam Effendi selaku Ketua PMI DKI Jakarta, dan Agnes Sukasni M.Pd, Kepala SMAN 30 Jakarta.

Bertempat di SMAN 30 Rawasari Jakarta, selurus aktivis ILUNI 30 bahu-membahu untuk menyukseskan aksi kemanusiaan ini dengan protokol Kesehatan yang ketat. Bahkan semua pandoro pun sudah melakukan screening kemarin di PMI DKI Jakarta sebagai mitra. Donor plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang sedang dirawat agar segera pulih kembali. Karena terapi plasma darah dari penyintas Covid-19 terbukti menjadi pengobatan yang lebih efektif, di samping memiliki kandungan antibodi virus yang lebih optimal.

“Pemda DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada Iluni 30. Di tengah pandemi Covid-19, aksi kemanusiaan ini sangat berharga. Karena donor plasma konvalesen terbukti efektif untuk menyembuhkan pasien yang sedang dirawat. Inilah kolaborasi yang harus dibangun untuk meredam Covid-19 sesegera mungkin” ujar Ahmad Riza Patria, Wagub DKI Jakarta di sela acara.

Aksi kemanusiaan ILUNI 30 ini didukung olehTelkom Indonesia, Bank DKI, Ayam Brand, Bank BJB, Hokben dan para anggota ILUNI 30. Bertindak sebagai media partner antara lain Trijaya FM, Delta FM, Female FM, dan Bahana FM. Sebelumnya, ILUNI 30 pun sudah menggelar vaksinasi massal sebagai bakti terhadap bangsa Indonesia sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan ke-76 RI.

“Donor plasma konvalesen ILUNI 30 ini sebagai wujud kepedulian sesama anak bangsa. Agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Inilah kontribusi alumni SMAN 30 Jakarta kepada masyarakat sebagai aksi kemanusiaan. Terima kasih kepada anggota ILUNI 30, Pemda DKI Jakarata, PMI, dan seluruh pihak yang mendukung acara ini. Kami bersyukur dapat berkontribusi” ujar Yemo Wakulu, Ketua ILUNI 30 didampingi dr. Indri, Ketua Panitia Donor Plasma Konvalesen ILUNI 30.

Sebagai salah satu SMA Negeri favorit di Jakarta, SMAN 30 Jakarta, para alumninya terpanggil untuk berkarya nyata, sekaligus ikut meningkatkanreputasi sekolah. Bukan sekadar mewujudkan visi dan misi Pendidikan, namun ikut sumbangsih kemanusiaan untuk meredam pandemi Covid-19 di Indonesia. Melalui sinergi yang luar biasa, ILUNI 30 akan terus berkiprah secara sosial, termasuk kepada para alumni yang membutuhkan bantuan. ILUNI 30 menyadari sinergi dan harmoni para alumni akan memberi dampak positif kepada aksi kemanusiaan, di sampin dapat menjaga nama baik almamater di mata publik.

Sebagai bagian ekosistem pendidikan dan sosial, ILUNI 30 melalui aksi kemanusiaan donor plasma konvalesen berkomitmen menjunjung tinggi “homo homini socius”. Bahwa tiap manusia adalah teman bagi sesama.**