Pakuan Pos – Hari ulang tahun pasti jadi moment istimewa bagi sebagian besar orang. Banyak cara merayakan ulang tahun, misalnya dengan makan-makan bersama orang terdekat atau pesta besar-besaran, dilakukan untuk merayakan peringatan hari kelahiran tersebut.

Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang yang menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim. Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga atau teman.

Merayakan ulang tahun bagi sebagian masyarakat merupakan hal yang umum. Ada yang merayakannya setiap tahun, ada juga yang hanya memperingatinya pada momen tertentu. Sebenarnya frekuensi perayaannya tidak penting, asal memang peringatan tersebut meninggalkan kesan yang mendalam

Tidak banyak orang dewasa yang secara rutin merayakan ulang tahunnya sendiri maupun ulang tahun orang terdekatnya. Paling banter hanya merayakan ulang tahun anak. Itu pun akan segera berakhir setelah anak dirasa cukup besar.

Faktor kesibukan terkadang membuat sulit mengingat apalagi menyiapkan sebuah pesta ulang tahun. Hal ini merupakan alasan untuk tidak lagi merayakan ulang tahun sendiri dan orang terdekat.

Dengan ikut merayakan sebuah pesta ulang tahun, berarti kita masih memperhatikan mereka. Jika kita tidak pernah ikut merayakannya atau mengucapkan selamat ulang tahun untuknya, apa bedanya kita dengan orang-orang yang gak mengenalnya? Seperti tak ada kedekatan emosional sedikit pun.

Dengan menghadiri sebuah perayaan ulang tahun, hal itu merupakan wujud cinta pada keluarga atau sahabat. Kesibukan kadang-kadang menghalangi silaturahmi. Dengan adanya undangan merayakan ulang tahun saudara dan kawan-kawan kita berkumpul sehingga tali silaturahmi pun kembali terjalin. Percayalah bertemu secara nyata jauh lebih hangat daripada sekedar bertegur sapa secara maya.

Perayaan ulang tahun tidak harus dilangsungkan secara mewah. Momen ulang tahun bisa dilangsungkan secara sederhana dengan mengundang kerabat atau mengajak anak yatim dan mereka yang tinggal di panti sosial.

Yang lebih bermakna dari perayaan ulang tahun adalah kenangan dan kesan akan momen tersebut. Sebuah momen yang selalu diingat, terlebih jika perayaan itu diabadikan dengan foto dan video.

Semua orang suka berkumpul dengan orang-orang yang berharga bagi mereka. Ketika kita merayakan ulang tahun bersama dengan orang yang kita sayangi, kemudian tertawa bersama, maka hal itu akan membuat kita dan juga orang lain ikut bahagia.

Dengan merayakan ulang tahun, keluarga, saudara, teman yang jauh dapat bertemu ketika perayaan. Kita dapat berkumpul bersama orang-orang tersayang dalam jamuan makan malam di hari yang spesial.

Perayaan ulang tahun dapat memotivasi kita untuk hidup jauh lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat menginspirasi kita untuk fokus pada apa yang penting bagi hidup kita di masa mendatang.