Sukabumi, Pakuan pos – pelaksanaan ‘Mobile Vocational training’ bagi penyandang disabilitas keterampilan penjahitan di balai latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sukabumi yang bekerjasama dengan balai besar rehabilitasi vokasional penyandang disabilitas (BBRVPD) Cibinong, dengan BLK Disnakertrans Kabupaten Sukabumi di aula gedung BLK.

UPTD BLK Kabupaten Sukabumi, Ridwan mengatakan dari kementerian langsung untuk bekerjasama, bagaimana mengangkat penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa dikaryakan secara profesional. Dengan keyakinan dan kerja keras mereka bisa mengabdi kepada masyarakat.

“Kesulitan menghadapi disabilitas sudah pasti ada, karena mereka tidak memiliki kompetensi. Tetapi ada hal yang patut di acungi jempol, disabilitas dalam belajar itu sangat luar biasa dan penuh semangat. Sehingga kami terharu dengan semangat mereka yang luar biasa, dari mulai check-in hingga gladi resik,” terang Ridwan.

Kamipun bisa sharing dengan mereka. Sambungnya, akhirnya sedikit demi sedikit belajar seperti bagaimana cara mengatakan ‘terima kasih’, tetapi untuk mempermudah cara mengajar mereka didampingi oleh para tenaga ahli dari Kemensos.

“Program dan kurikulum di BLK itu sama saja, hanya sedikit yang membedakan transfer knowledge nya atau cara komunikasi. Semangat mereka itu adalah modal awal, sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan taraf hidup mereka,” paparnya.

Ketika ada stigma yang membedakan antara normal dan disabilitas. Masih kata Ridwan, mari kita tepiskan, karena sebenarnya mereka pun mempunyai kesempatan yang sama.

“Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selagi kita mempunyai niat baik, apalagi untuk meningkatkan taraf hidup,” tutupnya. (Deva)