Jakarta, Pakuan pos – Ditengah situasi pandemik covid-19 seperti ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa TAPN Universitas Mercu Buana untuk beraktivitas. Tim PBB Universitas Mercu Buana memanfaatkan teknologi digital sebagai momentum pertemuan secara langsung yang bertransformasi menjadi pertemuan berbasis online.

Pada tahun ini Tugas Akhir Peduli Negeri Universitas Mercu Buana yang terbentuk dalam sebuah tim bernama Peduli Baca Buku (PBB) menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Perpustakaan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat. Pelatihan atau yang biasa disebut dengan Bimtek berstandar Nasional ini diselenggarakan di Jakarta secara online dalam Aplikasi ZOOM Meeting, baru-baru ini.

Dalam sambutannya Siti Sara selaku Kasie Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat mangatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang tepat sasaran. Karena pelatihan ini
dihadiri oleh guru dari SDN Joglo 06 Pagi Jakarta Barat. Menurut hasil penelitian di daerah tersebut para siswa memiliki daya baca yang rendah sehingga perlu ditingkatkan.

“Tepat sekali anak-anak kita menyasar di SDN Joglo 06 Pagi tempat penelitiannya. Kegiatan ini baru pertama dilakukan di Jakarta, mudah-mudahan ada inovasi-inovasi baru lagi” kata Siti Sara, Selasa, (26/5/2020).

Kepala Sekolah SDN Joglo 06 pagi Setianingsih juga sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang diselengrakan oleh tim TAPN Universitas Mercu Buana karena masih peduli terhadap pengelolaan perpustakaan tingkat sekolah dasar yang kurang memadai. Diakui Setianingsih perpustakaan didirikan secara swadaya, pengelolaan perpustakaan di sekolahnya memang belum terlalu baik.

“Sehingga kami berharap kegiatan yang diberikan dan dilakukan oleh tim Tugas Akhir Peduli Negeri Universitas Mercu Buana ini benar-benar bisa berkelanjutan dan semakin baik lagi” ujar Setianingsih.

Sementara itu dosen pembimbing TAPN, Enjang Pera Irawan berharap kepada para peserta Manajemen Pengelolaan Perpustakaan agar pelatihan ini semakin mengoptimalkan fungsi dan peran perpustakaan dalam proses pendidikan di sekolah khususnya.

Dalam sambutannya juga ia menjelaskan bahwa Kegiatan TAPN ini merupakan salah satu skema tugas akhir yang dimiliki oleh Universitas Mercu Buana sebagai syarat menyelesaikan studi, yaitu Tugas Akhir Karya Ilmiah (Skripsi), Tugas Akhir Aplikatif, Tugas Akhir Prestasi, Tugas Akhir Jurnal, dan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN).

“Dari lima skema tugas akhir yang menjadi persyaratan kelulusan tersebut, TAPN menjadi salah satu kegiatan yang implementasinya bersentuhan dengan masyarakat. Serta manfaatnya dapat dirasakan secara langsung,” tegas Enjang Pera Irawan. (Kamala Julia)