Cisarua, Pakuan pos – Menyikapi banyaknya kasus pedagang pasar yang terjangkit Virus Corona, Pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) gencar melaksanakan sosialisasi dan edukasi ke sejumlah pasar. Salah satunya di Pasar Cisarua.

Dengan menggandeng Koramil 2124 Cisarua Kodim 0621 Kabupaten Bogor, sosialisasi dilakukan pada Senin, 22 Juni 2020.

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengumumkan data terbaru pedagang pasar yang positif COVID-19. Per Sabtu (20/6), sebanyak 701 orang pedagang pasar positif corona, 32 orang di antaranya meninggal dunia.

“Untuk itu, kami lakukan sosialisasi dan edukasi di wilayah pasar untuk menekan angka penambahan positif Covid-19,” ungkap Ketua PPM Pusat, Mita kepada Media.(22/6)

Sosialisasi dilakukan baik kepada pedagang maupun pembeli yang berada di Pasar Cisarua. Dalam kegiatan ini juga PPM membagikan APD kepada para pedagang seperti masker, handsanitizer, dan face shield sebanyak kurang lebih 100 set.

Menurutnya, pasar masih menjadi area yang beresiko tinggi dalam penyebaran Virus Corona. Penerapan standar protokol kesehatan yang kurang tegas menjadi penyebab bertambahnya kasus positif Covid-19 di pasar.

“Kegiatan ini juga membantu pemerintah dalam menghentikan laju penyebaran Covid-19 salah satunya di area pasar,” jelasnya.

Kegiatan serupa serentak dilakukannya di 8 titik yang tersebar di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek)

Koramil 2124 Cisarua Kodim 0621 Kabupaten Bogor telah menerima kunjungan kerja dari Ketua Umum Pemuda Panca Marga, Berto Izaak didampingin Ketua PPM Pusat, Mita dengan Staf Pengurus Pusat, dr. Sarah.

Di tempat yang sama, Danramil 2124 Cisarua – Megamendung Mayor Inf Aris Nazarudin Latip mengapresiasi kegiatan tersebut. Untuk itu, pihaknya mendukung dengan mendampingi para pengurus PPM saat melakukan sosialisasi dan edukasi di Pasar Cisarua.

“Jika hal ini disambut baik, ke depan kami akan dilakukan kembali. Dan untuk kekuatan personil tentunya koramil akan mendukung sepenuhnya,” tandasnya. (Benz)