Bogor, Pakuan Pos – Memelihara anak yatim bukanlah sebuah amalan wajib sebagaimana amalan-amalan dalam rukun islam. Akan tetapi, dalam beberapa sumber dikatakan bahwa memelihara anak yatim hukumnya fardhu kifayah, yang mengandung arti harus ada yang mewakili untuk melaksanakan kewajiban tersebut.

Hal itu dikatakan Pimpinan LBH Pendekar Hendra Sudrajat yang lebih dikenal dengan Ustad Haidar, disela kegiatan sosial yang dilaksanakan lembaganya, Kamis (16/12/2021).

“Hari ini LBH Pendekar bersama warga Kampung Pasir Menjul Rt 02 Rw 02 melaksanakan kegiatan santunan kepada para anak Yatim dan Jompo di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor”, jelasnya.

Haidar mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT, karena atas berkah dan karuniaNYA pada hari ini pihaknya dapat melaksanakan bakti sosial.

Disebutkan Haidar, santunan diberikan kepada 16 anak Yatim dan 24 orang jompo, dengan total sebanyak 40 paket yang dibagikan kepada warga Desa Pasir jaya.

“Apa yang kami salurkan kepada yatim dan jompo hari ini memang tidak banyak. Namun kami berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi penerima dan apa yang kami lakukan dapat mendapat ridho dari Allah SWT serta dapat menjadi motivasi bagi pihak lain”, imbuhnya.

Haidar menambahkan, sebelum bingkisan dan uang santunan diserahkan kepada para Yatim dan Jompo, kegiatan diawali dengan tasyakuran yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Dia juga mengatakan, untuk menjaga kerumunan, pembagian santunan dibagi menjadi dua termin. (Raden)