Tanam Pohon, Kegiatan ” PWG ” Bogor Raya Upaya Pengijauan Lestarikan Alam

0
233

Bogor, News Warta Publik – Pohon merupakan makhluk hidup yang sangat penting karena pohon adalah sumber oksigen atau penghasil oksigen yang paling besar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya oksigen merupakan gas yang paling dibutuhkan oleh manusia, karena manusia memerlukannya untuk bernafas. Dengan demikian kehadiran oksigen sangat diperlukan. Sejalan dengan aktivitas manusia sehari- hari kita dapat membayangkan berapa banyak oksigen yang digunakan untuk bernafas oleh manusia dan diubah menjadi karbondioksida.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan cara melestarikan dan menanam pohon untuk kelestarian dan juga menyimpan energi bumi seperti yang dilakukan Maman anggota ” PWG ” Yang merupakan salah satu kegiatan Paguyuban ” PWG” Bogor Raya¬† yang disaksikan langsung oleh ketua umum ” PWG ” Bogor Raya di lingkungan sekretariat ” PWG ” Jl Alternatif Cihideung Pamoyanan Bogor Selatan Selasa 21/8/2018 dalam rangka penghijauan.

Karena manusia harus selalu bernafas, maka stock oksigen pun tidak boleh habis. Pohon menghasilkan oksigen di siang hari karena proses fotosintesisnya. Maka dari itulah kita seringkali merasa lebih sejuk ketika berada di bawah pohon pada siang hari. Semakin banyak pepohonan maka akan semakin banyak oksigen yang dihasilkan.

Selain sebagai sumber oksigen, fungsi pohon yang juga utama adalah menyerap air dan menguncinya ke dalam akar. Dengan demikian air yang terserap ke dalam akar bisa bertahan di sana dan kita mengenalnya sebagai air tanah. Air tanah sangat banyak sekali manfaatnya, selain menyuburkan tanah, air tanah juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan manusia.

Dengan menyerap air ke dalam tanah, maka pohon telah menabung debit air yang ada di bumi. Dengan menguncinya di dalam tanah maka air tidak akan mudah untuk hilang lagi. Dengan demikian, pohon sangat penting kaitannya dengan penyimpanan air yang berasal dari hujan. [ Red ]

 

Reporter by Ug Dani
News Warta Publik