Bogor Kota, Pakuan pos – Perkumpulan warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Silaturahmi Warga Bogor (SWB) yang digagas oleh Wildan Nugraha, kiprahnya dalam segala bentuk kegiatanya patut menjadi panutan bagi komunitas lainya. Pasalnya, komunitas warga bogor yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Bogor Kota dan Kabupaten, kerap bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, secara mandiri, hanya mengandalkan swadaya murni dari para anggotanya.

Saat dikonfirmasi, Wildan Nugraha menjelaskan, motivasinya membentuk perkumpulan warga itu berangkat dari kepedulian sosialnya, saat pamdemi covid – 19 melanda Nusantara. Bernagai keluhan terus menerus disampaikan warga kepadanya. Sementara saat bantuan dari pemerintah masih sangat terbatas.

“Mulai saat itu saya bersama kawan -kawan dekat berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang belum mendapat bantuan dari pemerintah, dengan menghimpun berbagai bentuk bantuan dari para donatur, dan kegiatan sosial itu menjadi agenda rutin kami, meskipun sifatnya masih sangat terbatas”, jelas Wildan, Jum’at (13/11/2020)

Pada hari ini, lanjut Wildan, pihaknya akan menggelar kegiatan Jum’at berkah, yakni membagikan bantuan dalam bentuk masi box kepada jemaah shalat jum’at di dua lokasi, yakni di Mesjid Nurrul Iman Layungsari dan mesjid Al Munawar Jalan Sedane Lolongok. Selain kepada jemaah SWB juga akan membagikan nasi box kepada para ojek online.

Lebih lanjut Wildan mengatakan, usai kegiatan di Kota Bogor tersebut, SWB rencananya akan meninjau ke lokasi bencana alam longsor yang terjadi di Kampung Pasir Eurih RT 3 RW 7, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor dan rumah tidak layak huni yang selama puluhan tahun ditinggali empat kepala keluarga namun sama sekali belum tersentuh bantuan dari pemerintah

“Insya Allah kami akan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan kami, untuk meringankan beban para korban di lokasi bencana dan warga yang tinggal di rumah tidak layak huni itu. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dan juga bagi komunitas kami”, tandasnya.

Sementara itu, Sopian Hadi, wakil ketua SWB mengajak kepada masyarakat khususnya yang mampu agar turut andil memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana. Karena menurutnya dalam rejeki kita ada sebagian hak orang lain yang harus disalurkan.

“Mari kita berbuat bagi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita. Dan yakinlah bahwa sodakoh itu sangat luar biasa nilainya dan tidak akan jadi percuma”, pungkasnya. (R. Bhenz)