Situs diratakan Proyek Tak Berizin, Ratusan Warga Lakukan Aksi Protes

0
292

Bogor, News Warta Publik-Buntut pengerusakan situs sumur tujuh  oleh tender proyek di Bogor membuat warga marah, ratusan element masyarakat turun ke proyek yang diduga telah melakukan pengerusakan situs sumur tujuh dan Cagar Budaya Batu Tulis Bogor, senin 24/12/2018.

Usmar Hariman, wakil walikota Bogor, Camat beserta lurah dan sejumlah ormas dan masyarakat protes keras terhadap proyek yang diduga telah merusak Cagar Budaya tersebut.

Usmar Harimar mengungkapkan bahwa tempat tersebut juga belum memiliki izin dan sudah melakukan kegiatan hingga rusaknya cagar budaya peninggalan sejarah tersebut.

“Pak Walikota menyuruh proyek tersebut dihentikan secara lisan, namun saat itu beliau datang lalu sore atau malamnya proyek ini dilanjutkan lagi”, ungkapnya kepada awak media.

Kekesalan warga yang diwakili Ketua RW 03, Sutisna menyayangkan pengrusakan yang terjadi padahal cagar budaya sumur tujuh ini adalah aset sejarah dan harus dilestarikan keberadaannya.
“Adanya proyek ini belum pernah meminta izin kepada kami selaku Ketua RW di lingkungan apalagi ini sudah resmi menjadi situs budaya kenapa koq dihancur ratakan, kami akan adukan ini ke Pemerintah Kota”, kesalnya.

Budayawan Ki Agus Sukmana dari Padepokan Pilar Sunda juga mengomentari perihal pengrusakan situs ini, dan mengatakan akan memprotes keras keberadaan proyek ini.
“Kami bersama para budayawan, tokoh masyarakat, Ada ormas juga LSM diantaranya BBRP, KPMP, LMP serta para warga Bogor akan datangi Pemerintah Kota Bogor menuntut dikembalikannya fungsi cagar budaya tersebut dan akan kami perjuangkan”, tutupnya.

Hadir pada saat tersebut selain aparatur pemerintah kecamatan dan kelurahan juga tokoh masyarakat Islam, Sesepuh BBRP Atma juga para inohong padepokan seputar Bogor. [ Red ]

 

UG Dani
News Warta Publik