Jakarta, Pakuan pos – Ribuan siswa Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKQ) se kabupaten Bogor, Jawa barat, mengikuti kegiatan manasik Haji rutin yang di¬≠selenggarakan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (IGTKA) di taman impian jaya Ancol Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Ketua IGTKA Kabupaten Bogor, Maman M.Pd.i mengatakan, Alhamdulillah pada pagi ini tanggal 13 November 2019 kita bisa sama-sama berkumpul di Ancol, dalam rangka melaksanakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan ini adalah pertemuan besar anggota IGTKA se kabupaten Bogor yang setiap tahun kita laksanakan.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menge¬≠nalkan sekaligus mengajarkan anak-anak tentang rukun islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah Haji,” kata Maman M.Pd.i Rabu (13/11/2019).

Tidak kurang dari 7000 (tujuh ribu) siswa, para santri dan santriwati TKQ se kabupaten Bogor ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Semua yang hadir disini, mudah-mudahan mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Terima kasih kepada jajaran panitia, kementerian agama, para wali santri, atas partisipasi kegiatan hari ini mudah-mudahan kegiatan kita mendapat keberkahan dari Allah SWT,” ujarnya.

Pantauan Pakuan pos saat berada dilokasi, sejak pukul 07.30 WIB pagi, rombongan para santri dan santriwati yang datang dengan menggunakan bus dari wilayah Kabupaten Bogor terlihat mulai berdatangan. mereka didampingi oleh gurunya masing-masing, juga orangtua yang ikut mengantar ke lokasi.

Sementara itu, ketua IGTKA kecamatan Ciawi Neneng Hasanah, S.Pd.I yang berhalangan hadir. Saat dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak pesertanya.

Dirinya pun memuji kostum para panitia acara yang terlihat kompak, dengan kostum yang dikenakan cantik dan menarik.

“Keteraturan lokasi kegiatan, dan kedisiplinan peserta juga sangat baik,” ucap Neneng Hasanah, S.Pd.I.

Sekolah Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Kharisma Ciawi, salah satu sekolah yang bernaung di IGTKA ikut ambil bagian dalam kegiatan manasik ini. Guru TKQ Kharisma, R. Susilowati Syamsudin, S.Pd.I mengatakan praktek manasik haji yang dilaksanakan setiap tahunnya ini sangat baik.

“Ini sangat baik bagi pendidikan anak-anak dalam pembelajaran praktek ibadah, dan melatih anak-anak untuk menjadi mandiri,” pungkasnya. (ADj)