Pemalang, Pakuan pos – Talkshow “Make a Best Plan as an Intellectual” merupakan suatu rangkaian Simulasi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Simultan) 2020 yang dilaksanakan oleh ikhlasgama Pemalang, Ikatan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Pemalang, di halaman SMAN 1 Pemalang, Sabtu (25/1).

Sekitar 770 ( tujuh ratus tujuh puluh) siswa siswi dari berbagai SMA/SMK se Kabupaten Pemalang mendengarkan dan aktif berinteraksi dalam Talkshow yang mengangkat tema “Berjuang dalam Proses, Berproses untuk Sukses”. Talkshow ini bertujuan agar peserta didik memiliki motivasi untuk meningkatkan semangat dalam berjuang dan menghargai proses meraih mimpi yang kelak berhak mereka dapatkan.

Sistem simulasi SBMPTN yang dibuat se-efektif mungkin diharapkan dapat menigkatkan jiwa kompetisi yang sehat dan membangkitkan inisiatif strategi menuju keberhasilan bagi peserta didik.

“Memberikan motivasi dan semangat berproses dalam menggapai cita-cita, dalam hal ini dapat melanjutkan pendidikan di Universitas yang diimpikan. Serta memberikan informasi yang bermanfaat untuk menghasilkan gambaran dan rencana di masa depan” kata ketua pelaksana Simultan 2020 Alwan Anugerah Utama.

Talkshow yang menyajikan tiga narasumber lintas generasi ini dipandu dengan moderator Girli Ron Mahayunan, mahasiswa S1 Hukum Universitas Gadjah Mada. Dengan narasumber Talithargani Thaharah, Mahasiswa S1 Pendidikan Dokter Universitas Negri Jambi yang membahas “Langkah yang Tepat untuk Menggapai Impian”. Pembicara kedua, M. Atiatul Muqtadir, Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Gadjah Mada mengangkat bahasan “Memandang dan Menyikapi Dunia Mahasiswa dengan Produktif”. Pembicara terakhir alumni UGM fakultas Hukum M. Arief Setiawan, S.H., M.M yang menyajikan materi “Berkarir untuk Indonesia”.

Atiatul, sangat digemari oleh para pelajar Pemalang ini mendorong agar kegiatan seperti ini perlu digalakkan agar pemuda khususnya di Kabupaten Pemalang daoat produktif.

“Saat ini produktivitas jadi kunci untuk memaksimalkan potensi anak muda hari ini sebagai kekuatan terbesar yang dimiliki oleh Indonesia.” kata ketua BEM UGM asal Palembang ini.

Sedangkan Ketua Kagama Pemalang yang saat ini menjabat sebagai Direktur Administrasi dan keuangan Perusda Air Minum Tirta Mulia Pemalang berharap agar anak anak SMA/SMK dalam memilih jurusan di perguruan tinggi harus jeli, sesuai dengan passion dan kemampuannya jangan sampai ada sesal dikemudian hari karena tidak sesuai dengan minat, bakat dan bidangnya.

“Dalam menentukan pilihan jangan sampai salah arah sehingga akan menjadi beban baik orang tua maupun diri sendiri.” harap Wawan.

Secara garis besar, Talkshow yang berjalan menarik dengan berbagai pertanyaan dari peserta dan interaksi antara narasumber dengan peserta bagus. Hal ini disampaikan oleh peserta dari SMA Negeri 1 Pemalang Nabilla yang sangat berkesan dengan talkshow ini.

“Sangat menarik sekali. Semoga kedepannya tahu mengenai kampus-kampus dan soal ujian SBMPTN” kata murid kelas XII ini.

Hal ini juga disampaikan oleh Aida, juga siswi SMA Negeri 1 Pemalang.

“Sangat menarik, terlebih untuk anak SMA yang oerlu tahu wawasan tentang universitas, nantu setelah lukus SMA mau kemana dan ambil jurusan apa sangat penting. Dan latihan-latihan masuk perguruan tinggi negeri.” katanya. (Sarwo)