Purwokerto, Pakuan Pos – Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FKUI) di bawah kepemimpinan Dr Wawan Mulyawan, SpBS(K), SpKP,AAK, dengan dukungan Ketua Iluni UI, Andre Yuridian, SH, LLM, mengadakan beberapa kegiatan, dengan pilar utama kegiatan berpusat di Kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Sejumlah kegiatan tersebut antara lain Bakti Sosial Serbuan Vaksinasi Massal 20.000 dosis vaksin Covid-19, Sarasehan Nasional dengan tema Strategi Kesiapsiagaan Bencana Pandemi; dan Bincang Sehat Minggu pagi untuk masyarakat awam dengan salah satu temanya tentang mewaspadai varian baru Omicron.

Acara Bakti Sosial Serbuan vaksinasi massal vaksin covid-19 diselenggarakan hari Sabtu, 11 Desember 2021 pukul 07.00 WIB dan dibuka oleh Bupati Banyumas di GOR Satria Purwokerto serta serentak di beberapa rumah sakit dan Puskesmas di Banyumas.

Acara kedua adalah Seminar Nasional berjudul Strategi Kesiapsiagaan Bencana Pandemi yang diselenggarakan pada hari Sabtu (11/12) pukul 09.00 WIB-14.00 WIB di Taman Orthonirwana RS Orthopaedi Purwokerto.

Acara tersebut menghadirkan pembicara pembicara mumpuni termasuk keynote speaker oleh Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Narasumber lainnya antara lain Ir Achmad Husein (Bupati Banyumas), Prof dr Ari Fahrial Syam (Dekan FKUI), dr Mohamad Adib Khumaidi (ketua Terpilih PB IDI), Prof dr Tjandra Yoga Aditama (Guru Besar Pulmonologi FKUI), dr Pukovisa Prawiroharjo (Majelis Etik Pusat IDI), dr Hervita Diatri (Komite Mutu & Keselamatan
RSCM) dengan dimoderatori oleh Dr Imam S Prasodjo (Sosiolog UI) dan dr Mohammad Subuh (Staf Ahli Kemenkes RI).

Seluruh acara tersebut tentu saja tidak lepas dari kerja keras Panitia Lokal yaitu ILUNI FKUI Banyumas Raya yang diketuai oleh dr Iman Solichin, SpOT-KSpine, yang akan dikukuhkan kepengurusannya dalam acara bertema Guyub Rukun Alumni FKUI Banyumas Raya yang bertempat di Taman Orthonirwana RS Orthopaedi Puwokerto selepas seminar nasional.

Acara penutup kegiatan ILUNI FKUI di Sarasehan Nasional ini adalah Bincang Sehat Minggu Pagi untuk masyarakat awam bertajuk Waspadai Omicron yang akan diselenggarakan secara online pada Minggu pagi tanggal 12 Desember 2021 mulai jam 9 pagi sampai jam 10.30.

Bincang sehat tersebut menghadirkan pembicara-pembicara kompeten, antara lain dr Erlina Burhan (Departemen Pulmonologi FKUI) dan dr Nurul Ratna Mutu Manikam (Departemen Gizi FKUI) dengan dr Ardi Findyartini (Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI) sebagai moderator.

Rangkaian acara tersebut adalah wujud sumbangsih ILUNI FKUI untuk Indonesia. ILUNI FKUI sebagai bagian dari ILUNI UI berupaya mewujudkan tagline ruang temu bagi alumni UI yang lebih berarti.

ILUNI UI berusaha mempertemukan gagasan, kreativitas, dan kontribusi alumni Universitas Indonesia untuk alumni, almamater dan tentunya untuk Indonesia Raya tercinta.

Purwokerto adalah salah satu dari titik temu, tempat bertolaknya gagasan nun jauh dari Jakarta dan Depok, namun dengan satu tujuan yaitu Indonesia Raya yang lebih adil, makmur dan berdaulat.

Ketua Umum ILUNI FKUI dr Wawan juga menyampaikan turut prihatin atas bencana meletusnya Gunung Semeru di Jawa Timur dan turut berduka cita atas korban Semeru, serta menegaskan bahwa ILUNI FKUI siap bergabung dengan pemerintah melalui BASARNAS dan komunitas tanggap bencana lainnya untuk turut membantu penanggulangan bencana Semeru. (PR/red)