Sumedang, Pakuan Pos – Lanud Suryadarma mengerahkan tiga Helikopter EC-120B Colibri dari Skadron Udara 7 Wing 8 Lanud Suryadarma untuk kembali melanjutkan Serbuan Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang, sebagai bentuk bakti TNI AU kepada masyarakat yang digelar di Gedung Serba Guna Nusantara Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Senin (16/ 8 /2021).

Ketiga helikopter tersebut diterbangkan dari Lanud Suryadarma dalam rangka percepatan program vaksinasi nasional sesuai instruksi pimpinan TNI untuk mengejar target satu juta vaksin per hari dengan mengangkut para vaksinator dan dukungan logistik kesehatannya. Selain itu juga tim pendukung Lanud Suryadarma juga diberangkatkan melalui jalan darat untuk menyukseskan jalannya serbuan vaksinasi yang digelar di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi ini disambut antusias oleh masyarakat di Kabupaten Sumedang terlihat dengan antrian masyarakat yang berdatangan untuk dapat ikut divaksin yang digelar oleh Lanud Suryadarma dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang.

Kegiatan serbuan vaksinasi ini akan digelar selama 1 hari dengan target 2500 orang dengan mengerahkan 45 personel Lanud Suryadarma termasuk tenaga kesehatan dari RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma dan dibantu dari tenaga kesehatan Kabupaten Sumedang serta Dinkes Sumedang.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma, Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB, melalui Kadisops Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tarmuji Hadi Susanto, S.AP., M.M., M.Sc., yang juga sebagai Komandan Satgas Covid-19 di Lanud Suryadarma saat memimpin giat serbuan vaksinasi di Kabupaten Sumedang menyampaikan bahwa tujuan kegiatan serbuan vaksinasi Lanud Suryadarma di Kabupaten Sumedang ini adalah untuk membantu warga masyarakat dalam memutus rantai Covid-19 dan juga sesuai dengan program pemerintah dan instruksi komando atas untuk mempercepat pencapaian satu juta vaksin setiap hari agar tercapai herd immunity dan kekebalan tubuh bagi masyarakat Kabupaten Sumedang sehingga dapat terhindar dari Covid-19.
“Untuk itu kami dari tim serbuan vaksinasi Lanud Suryadarma terus berupaya kepada masyarakat sekitar agar mendapatkan vaksin dengan tujuan agar masyarakat setelah divaksin akan dapat Herd Imunity membentuk imun tubuh sehingga dapat terhindar dari serangan Covid-19” jelas Kolonel Tarmuji.

Kolonel Tarmuji juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Sumedang ini Lanud Suryadarma akan menyiapkan sebanyak 2500 vaksin dosis pertama dan 2500 untuk dosis yang kedua bahkan bisa lebih, sehingga program pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi ini dapat terewujud.

“ Untuk itu marilah kita bersama-sama menyukseskan program pemerintah ini dengan melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang ini, namun tidak itu saja kami harapkan setelah di vaksinasi kita juga harus tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan, ” tegas Kolonel Tarmuji..

Sementara itu Bupati Sumedang Dr. H. Doni Ahmad Munir menyampaikan ucapan terima kasih atas nama masyarakat Kabupaten Sumedang secara pribadi atau kedinasan kepada Lanud Suryadarma yang telah memberikan vaksinasi kepada warga Kabupaten Sumedang sebanyak 2500 vaksin untuk masyarakat Sumedang.

”Ini angka yang sangat besar yang bisa membantu masyarakat antisipasi percepatan penanganan Covid-19 dan saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, semoga dengan kerja sama ini saya sampaikan tidak hanya vaksin pertama dan vaksin kedua. Tentunya ini sebagai terobosan untuk penyebaran Covid-19 dan alhamdulilah antusias dari masyarakat Sumedang ini sendiri sangat tinggi,” ungkapnya.

Bupati Sumedang Dr. H. Doni Ahmad Munir juga berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Sumedang atas kesadarannya untuk ikut divaksin.

“Vaksin ini akan menambahkan imun bagi tubuh kita semua sehingga kita dapat terhindar dari Covid-19 dengan vaksinasi ini sekiranya akan mengurangi gejala ketika terkena tapi mudah-mudahan semuanya mendapat bodi yang kuat sehingga terhindar dari Covid-19” jelasnya.

“Insya Allah vaksin ini aman dan halal mudah-mudahan kegiatan ini lancar dan ajak semuanya rekan-rekan tetangganya untuk ikut vaksinasi sehingga kita bisa secepatnya mencapai sasaran 70 persen. Perlu saya sampaikan Kabupaten Sumedang sampai saat ini vaksinasinya tinggal 25 persen dari target 930.000 sasaran 55 persen Kabupaten Sumedang tertinggi diantara kabupaten-kabupaten se-Jawa Barat untuk vaksinasinya” pungkas Bupati dalam sambutannya.

Selama kegiatan berlansung dapat berjalan aman dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan hadir pada kegiatan serbuan Vaksinasi Lanud Suryadarma di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang ini antara lain Kadislog Lanud Suryadarma Letkol Tek Zuzan Evian, Komandan Skadron 7 Letkol Pnb Irdhian Krisnayogi, para pejabat Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Gambar
1.Tim Vaksinator dari Lanud Suryadarma disambut oleh Bupati Sumedang saat turun dari helikopter EC-120B Colibri di halaman Gedung Nusantara Kabupaten Sumedang.

2. Bupati Sumedang Dr. H. Doni Ahmad Munir didampingi Kadisops Lanud Suryadarma saat meninjau Warga masyarakat Kabupaten Sumedang melaksanakan Vaksinasi yang digelar oleh Lanud Suryadarma bertempat di Gedung Serba Guna Nusantara Sumedang.

Subang, 16 Agustus 2021
Kapen Lanud Suryadarma,

Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si.
Letkol Sus NRP 524400