Sukabumi, Pakuan pos – Sebenarnya, berbakat atau tidak menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki ilmu mengenai kepemimpinan atau leadership. Walaupun seseorang berbakat menjadi pemimpin, tapi jika dia tidak mengetahui bagaimana cara untuk menjadi pemimpin yang baik, maka dia tidak akan bisa menjadi seorang leader yang andal.

Demikian salah satu tujuan diadakannya seminar yang diselenggarakan oleh yayasan Baitul insan Ar-Rasyid travel umroh dan haji yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 6-7 Pebruari 2021 di Taurus resort Cicurug kabupaten Sukabumi Jawa barat.

Seminar yang mengusung tema; “Educate Leadership & Partnership” tersebut menghadirkan narasumber Sultan Fatahilah dan Iik Bangsawan dari Jakarta. Seminar yang penuh dengan suasananya kekompakan, kebersamaan, dan kekeluargaan itu diikuti puluhan leader yayasan Baitul insan Ar-Rasyid (YBIA).

Acara yang dimulai pukul 10.00 wib itu diawali dengan doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, mars Sukabumi, dan sambutan dari pimpinan yayasan Baitul insan Ar-Rasyid Hj. Eti Sumiati, Hj. Achmad Sarifudin, dan ikut mendampingi dalam ruangan tim manajemen.

Dalam sambutan pembukaannya, pimpinan yayasan Hj. Eti Sumiati dihadapan para peserta seminar mengatakan walaupun seseorang sama sekali tidak berbakat menjadi pemimpin, namum ketika dia mendapatkan ilmu mengenai kepemimpinan dan bertekad untuk mengaplikasikan ilmu tersebut, dia bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

“Inilah gunanya mengikuti pelatihan kepemimpinan, kita terus menjaga kekompakan, menjaga tali silaturahmi dan tidak berhenti untuk terus belajar,” kata Hj. Eti Sumiati. Sabtu, (6/2/2021).

Rangkaian acara juga di isi dengan berbagai kegiatan. Seperti; istigosah Bersama untuk memanjatkan doa dan keselamatan selama dalam kegiatan, senam dan olahraga bersama, games, istirahat sholat dan makan (ishoma), kemudian dilanjutkan dengan meeting bersama iZaura.

Yayasan Baitul insan Ar-Rasyid pusat penyelenggara umroh dan haji yang beralamat di Palasari Wates No.35 RT 07/03 desa kalapanunggal, kecamatan kalapanunggal, kabupaten Sukabumi saat ini menjadi travel terbaik dan dipercaya, “lilah amanah berkah”.

Salah satu peserta seminar, Ela mengatakan banyak manfaat yang didapat dari acara seminar yang diadakan oleh yayasan Baitul insan Ar-Rasyid.

“Selain mendapatkan bekal ilmu yang bermanfaat, juga dari pimpinan yayasan dan manajemen serta yang lainnya terjalin kekeluargaannya dan itu belum tentu didapatkan di travel lain,” pungkasnya. (Tim)