Cigombong, Pakuan Pos – Pemerintah Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengimbau warganya agar lebih waspada dalam menghadapi curah hujan yang saat ini mulai meningkat. Hal itu disampaikan Jaelani, Kasi Pemerintahan Pasir Jaya usai meninjau dua titik longsor yang melanda wilayahnya, Kamis, (29/04/2021) malam.

“Kami mewakili pemerintah desa pasir jaya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan karena akhir – akhir ini intensitas hujan mulai tinggi dan memicu terjadinya bencana. Jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, masyarakat hendaknya segera berkoordinasi dengan kami agar bisa langsung ditindaklanjuti”, Kata Jaelani yang didampingi Hermawan, Ketua Karang Taruna Desa, dan Lucky Ketua Paguyuban RW Desa Pasir Jaya.

Hermawan, Ketua Karang Taruna Desa Pasir Jaya menjelaskan, bencana terjadi di dua titik di waktu yang hampir bersamaan. Saat hujan turun deras, sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Titik pertama terjadi di Kampung Pasir Menjul Tonggoh, RT 01 RW 02 dan titik kedua terjadi di wilayah RW 08 Kampung Gajud.

“Di Pasir Menjul, dinding rumah Bu Entin jebol dihantam longsoran tanah dari bagian belakangnya hingga menghancurkan sebuah kamar. Setelah mendapat kabar itu saya bersama jajaran kepemudaan segera meluncur ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan awal. Kemudian kami koordinasikan ke pihak desa yang akhirnya secara bersama pihak desa juga datang ke lokasi dengan tim dari BPBD Kabupaten Bogor, Bhabinkamtibmas serta Babinsa. Tak lama berselang kami mendapat lagi informasi susulan tentang adanya bencana longsor di Kampung Gajud”, papar Hermawan.

Hingga berita ini diturunkan, evakuasi di dua lokasi bencana tersebut untuk sementara dihentikan sementara, dan akan dilanjutkan esok hari. (Raden)