Cigombong, Pakuan pos -Tanggal 1 Muharram ditetapkan sebagai awal tahun baru dalam kalender Hijriyah, menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Untuk memperingatinya, warga Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menggelar acara doa bersama yang dilanjutkan dengan pawai obor malam 1 Muharram 1442 H/2020 M dengan mengangkat tema “Evaluasi Masa Lalu Realita Masa Kini dan Proyeksi Masa Yang Akan Datang” bertempat di Kantor Desa Pasir, Rabu (19/8/2020).

Kegiatan dilaksanakan dengan sederhana dan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kades Pasir Jaya Suhanda Hendrawan, dalam sambutannya mengatakan, sebagai umat Islam sudah sepatutnya kita sambut 1 Muharram 1442 Hijriyah dengan rasa syukur kepada Allah SWT karena kita masih diberi kesehatan dan umur panjang, sehingga kita dapat mengikuti acara Doa bersama dalam menyambut tahun Baru Hijriyah kali ini dengan sehat wal’afiat, selamat, dan sejahtera meskipun dalam situasi pandemi covid-19.

“Bulan Muharram adalah permulaan tahun Hijriyah, merupakan bulan yang mulia dan terpuji, Rasulullah sendiri menyebutnya Bulan Allah,” ungkapnya.

Tahun baru Hijriyah ini Suhanda mengajak mayarakat untuk meningkatkan amal kebaikan sesuai dengan makna yang terkandung dalam tahun baru Hijriyah dimana Khalifah Umar Bin Khattab telah menetapkannya agar seluruh umat Islam senantiasa mengingat peristiwa Hijrah Rasulullah Saw untuk berdakwah menegakkan agama Islam.

Lebih lanjut, Suhanda menyampaikan firman Allah SWT dalam surat Fatir ayat 37 yang artinya, “Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan apakah tidak datang kepada kamu pemberi peringatan?”, ucapnya.

Dimana firman Allah SWT tersebut memberi pelajaran kepada kita, bahwa setiap orang yang diberi umur panjang hendaknya mau berfikir mengenai apa yang telah diperbuatnya di masa lalu, atau dengan kata lain merenungkan perbuatan yang telah diperbuat.

Suhanda berharap, dari renungan itu kita semua akan berbenah diri tentang perbuatan yang salah harus diubah agar menjadi benar dan yang kurang hendaknya ditambah supaya menjadi sempurna, demikian seterusnya sehingga amalan kita menjadi semakin sempurna sesuai dengan tema peringatan Tahun Baru Islam Kali Ini.

“Marilah kita senantiasa berdoa agar pada saat memasuki Tahun Baru Hijriyah nanti kita selalu diberi petunjuk menuju jalan yang lurus oleh Allah SWT, bukan jalan orang-orang yang dimurkai-Nya,” ajak Suhanda

Pada kesempatan itu, Suhanda juga mengajak seluruh hadirin khususnya Masyarakat, Karang Taruna dan jajaran Desa Pasir Jaya untuk menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1442 Hijiriyah dengan semangat, iman dan ketaqwaan yang semakin meningkat kepada Allah SWT.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada negara dan bangsa yang kita cintai,” ucap Suhanda menutup sambutannya.

Sedangkan Ustad Amud yang memimpin Doa syukuran dalam ceramah singkatnya menyampaikan semoga momentum tahun baru 1442 Hijriyah ini kita dapat mengambil hikmah dalam makna hijrah yang lebih luas kearah yang lebih baik sehingga kita menambah kebaikan setiap hari, dengan harapan semoga kita mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT, karena sukses bukan hanya dunia tapi juga di Akherat kelak.

“Untuk itu mari kita siapkan diri kita, perbanyak amal ibadah kita, semoga dapat menjadi bekal kita di yaumil akhir,” ajaknya.

Hadir dalam acara tersebut, Tokoh ulama, Jajaran Staf Desa, Karang Taruna, Babinsa dan Babinkatibmas, serta Masyarakat Desa Pasir Jaya. (R. Benz)