Sumatra, Pakuan Pos – Tak beda dengan yang lain saat Idul Fitri, kerabat kerja Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Kemandirian Umat Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (LAZISKU KBPII) sebagian juga ada yang mudik ke kampung halamannya.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk berbagi dengan mewakafkan mukena di masjid yang disinggahi. Seperti yang dilakukan Hilda Mataris, Staf Akuntansi Direktorat Keuangan dan SDM, LAZISKU KBPII Nasional.

Perjalanan mudik Hilda Mataris melalui Tol Sumatra, Sabtu (30/4) sempat singgah di Rest Area Km 20 karena waktu Maghrib tiba. Selain menunaikan shalat Maghrib di Masjid Al Ikhlas, Hilda mewakafkan mukena LAZISKU KBPII untuk masjid tersebut.

“Tadi saya lihat, mukena yang ada di Rest Area Km 20 perlu ditambah koleksinya. Rata-rata memang para jamaah yang mampir salat bawa mukena sendiri,” cerita Hilda Mataris.

Kebetulan Hilda membawa beberapa mukena LAZISKU KBPII, sehingga kemudian mewakafkannya untuk Masjid Al Ikhlas di Rest Area Km 20 Tol Sumatra, tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Beberapa jamaah yang kebetulan tak sempat membawa mukena, sangat mengapresiasi wakaf mukena yang dilakukan oleh LAZISKU, khususnya di masjid Rest Area.

“Saya jarang sekali melihat ada amaliyah seperti ini sepanjang perjalanan dan singgah di Rest Area. Terkadang kita lupa menyiapkan mukena ketika berhenti salat di Rest Area seperti ini,” tutur Tiana, seorang jemaah yang kebetulan singgah

Akhirnya menggunakan mukena yang tersedia di dalam masjid. Tapi menurut Tiana, seringkali mukena yang ada sudah lusuh, robek dan agak bau apek.

“Ya mungkin karena memang tidak ada orang yang merawatnya secara khusus. Saya berterima kasih, ada LAZISKU yang mengadakan wakaf mukena di mesjid Rest Area. Karena tadi saya tidak membawa mukena pribadi, jadi lebih enak salat Magrib dengan mukena baru dari LAZISKU,” lanjutnya.

Menurut Tiana, karena sedang arus mudik lebaran masjid di Rest Area, ramai jemaah yang ikut salat.

“Semoga Allah SWT memberikan balasan buat para donatur yang sudah berbagi mukena melalui LAZISKU,” doa Tiana.

Tiana juga berharap semakin banyak yang melakukan kegiatan serupa ini.

“Wakaf mukena untuk masjid di Rest Area tol yang memang sering dimanfaatkan oleh musafir seperti kami para pemudik lebaran tahun ini,” pungkasnya.***