Bogor, Pakuan Pos – Sejumlah rumah warga di Kampung Ciburuy Rt 04 Rw 01, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/12/2021) sekitar pukul 16.00 Wib terendam banjir.

Banjir dengan ketinggian air setinggi orang dewasa itu terjadi saat hujan mengguyur wilayah Cigombong dan sekitarnya sore tadi.

Warga menuding, banjir dipicu oleh adanya aktifitas pembangunan Perumahan PT PTP di wilayahnya.

“Sebelum ada pembangunan perum mau hujan segede apa juga wilayah kami permah kebanjiran. Tapi sekarang luapan air sampe masuk ke dalem rumah”, ungkap Ai, salah satu warga setempat yang rumahnya kebanjiran.

Warga menyatakan akan mendatangi pengembang perum PT PTP untuk meminta pertanggungjawaban atas dampak aktifitas pembangunan yang diduga menjadi pemicu bencana yang dialami warga sekitar.

Warga juga mengatakan, setelah mendapatkan informasi bencana itu, aparatur pemerintah desa setempat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ciburuy langsung terjun ke lokasi. Namun tak seorangpun dari mereka yang berhasil dimintai keterangan.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan manajemen Perum PT PTP
Belum bisa dimintai keterangan.

Dalam bencana itu, dibantu tim relawan gabungan warga melakukan evakuasi serta menyelamatkan barang – barang berharganya. (Raden)