Ciawi, Pakuan pos – Halaman depan Rumah sakit umum daerah (RSUD) Ciawi Bogor, beberapa minggu kebelakang terlihat suram karena tertutup rindangnya pepohonan yang dengan sengaja ditanam oleh pihak Rumah sakit. Dengan demikian mengesankan tempat itu tertutup bagi umum. Selain itu pohon – pohon yang teramat rindang tersebut membahayakan mobil – mobil yang terparkir dibawahnya, karena dikhawatirkan ada dahan yang patah serta estetika kebersihan rumah sakit selalu kotor dengan jatuhnya dedaunan kering.

Sadar akan hal itu, pihak RSUD Ciawi berinisiatif memangkas atau bahkan menebang pepohonan yang ada, dengan tetap mengidahkan keindahan disekitarnya. Untuk memangkas dan menebang pohon itu Rumah sakit bekerja sama dengan pemadam kebakaran (Damkar) wilayah Ciawi.

“Damkar saat ini bukan hanya bertugas sebagai pemdam kebakaran saja, tapi juga bisa melayani penyelamatan termasuk memberikan pelayanan penebangan pohon jika memang dirasa menganggu kepentingan umum, untuk itu dalam giat ini Damkar Ciawi bekerja sama memberikan pelayanan terhadap masyarakat berupa penebangan pohon disekitar rumah sakit Ciawi,” jelas kepala Damkar wilayah Ciawi, Nendri. Rabu, (22/7/2020).

Dia juga mengatakan, penebangan pohon itu sebagai upaya penataan halaman gedung rumah sakit agar terlihat semakin bagus dan tidak membahayakan dengan ancaman pohon tumbang, atau dahan patah.

“Alhamdulillah pihak RSUD bekerja sama dengan team Damkar Ciawi dalam penataan halaman gedung RSUD, dengan penebangan pohon dihalaman dan area RSUD Ciawi,” katanya.

Salah seorang tamu rumah sakit, Ujang mengakui kini dia tidak perlu khawatir lagi ketika menyimpan kendaraannya di halaman parkir.

“Dulu kan dihalaman parkir banyak pohon besar, kalau saya sedang besuk sangat khawatir ketika hujan, takut pohon tumbang. Tapi sekarang tidak lagi, Rumah sakit pun terlihat lebih terang dan dapat dilihat dari jalan raya. Kalau dulu kan tidak terlihat karena terhalang pohon – pohon besar,” pungkas Ujang. (Abdan)