Cigombong, Pakuan pos – Setelah melalui tahapan musyawarah dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya penerima manfaat, akhirnya program bantuan pemerintah untuk Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Tugu Jaya, Cigombong Bogor Jawa barat, mulai dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan itu ditandai dengan peletakan batu pertama dan pemasangan banner informasi kegiatan secara simbolis di lokasi oleh Kepala Desa, didampingi TPK, serta perangkatnya, Rabu (15/07/2020).

Kades Tugujaya Mochamad Rifqy Abdillah menuturkan, bahwa seperti desa lain, desanya mendapat bantuan rehabilitasi Rutilahu sebanyak 7 unit. Masing – masing sebesar 15 juta rupiah, yang sumber dananya dari Apbd Kabupaten Bogor melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP).

“Musyawarah, sosialisasi program, pemaparan juklak dan juknisnya sudah kami laksanakan. Pada hari ini saya bersama Tpk, Bpd, Lpm, ketua rw dan rt di wilayah yang mendapat bantuan, meninjau rumah rumah para penerima manfaat. Agar tidak terjadi kesalah fahaman dan seluruh lapisan masyarakat mengetahui secara detail tentang pengelolaan bantuan ini, di tiap lokasi kami pasang banner atau papan informasi kegiatan. Silahkan dibaca”, tuturnya, sembari menunjukan papan informasi yang dimaksudnya.

Sementara itu, Mak Patim (70) salah satu warga Desa Tugujaya penerima manfaat program bantuan di wilayah Rt 03 Rw 08, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan untuk rehabilitasi tempat tinggalnya agar lebih layak untuk dihuni.

“Alhamdulillah, hatur nuhun saya buat bapak presiden, ibu bupati dan bapak lurah rifqy yang sudah ngasih bantuan sama saya sampe rumah saya mau dibenerin. Sing pada barokah buat semuanya”, harapnya. (Benz)