Cigombong, Pakuan Pos – Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/09/2021) dilaunching. Dilaunchingnya program bantuan keuangan stimulus dari Bupati Bogor itu menandai dimulainya pembangunan jalan di Desa Pasir Jaya.

Kepala Desa (Kades) Pasir Jaya Suhanda Hendrawan menjelaskan, dari bantuan Samisade tahun 2021, Desa Pasir Jaya mendapat bantuan dana sebesar Rp. 766.250.000 termasuk pajak. Dana tersebut dialokasikan untuk tiga program kegiatan peningkatan kualitas jalan desa, dengan cara betonisasi jalan dan pengaspalan.

“Kegiatan pembangunan jalan yang dibiayai oleh program Samisade Desa Pasir Jaya yakni, betonisasi jalan di Kampung Palalangon sepanjang 1000 meter senilai Rp. 312.500.000, betonisasi jalan di Kampung Pasir Jawa RT 1 dan 2 sepanjang 775 meter senilai Rp. 242.187.500 dan pembangunan jalan sepanjang 677 meter di Kampung Lemah Duhur RT 02 senilai Rp. 211.562.500. Pekerjaan dilaksanakan dengan dua termin. Termin pertama 40 persen dan termin kedua 60 persen”, jelas Kades Pasir Jaya yang akrab disapa Abah Atok itu.

Abah Atok menambahkan, dalam pelaksanaan pekerjaan pihaknya memberikan kewenangan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang dipimpin oleh Ketua LPM Ade UM, dengan melibatkan swadaya masyarakat dari warga sekitar lokasi kegiatan. Hal itu dilakukan sesuai dengan amanah program yakni Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Sementara itu, prosesi seremonial pengguntingan pita dalam launching Program Samisade yang dilaksanakan di Kampung Pasir Jawa RT 02 RW 07, Desa Pasir Jaya itu dilakukan oleh PLT Camat Cigombong Asep Darajat. Didampingi Kapolsek serta Danramil Cigombong – Cijeruk. Dihadiri juga oleh BPD, LPM, Ketua RT dan RW, tamu undangan, para tokoh serta masyarakat Desa Pasir Jaya. (Raden)