Megamendung, Pakuan pos – Penantian panjang warga desa Sukamaju, kecamatan Megamendung, kabupaten Bogor Jawa barat yang menempati rumah tidak layak huni (RTLH) nampaknya akan segera berakhir. Setelah selama dua tahun lebih tidak mendapat bantuan anggaran RTLH dari pemerintah, mulai tahun ini akan segera mendapatkan bantuan itu.

“Selama ini kami tidak mendapat bantuan dari pemerintah, kendati rumah yang kami tempati memang dalam kondisi yang memprihatinkan,” Ungkap warga Sukamaju, Hindun (62).

Hal serupa juga dikatakan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kades Sukamaju, Romli. Dia menegaskan selama dua tahun kebelakang anggaran RTLH memang tidak diserap, tentunya bukan tanpa alasan, karena anggarannya minim dan calon penerima manfaat banyak lebih dari seratus Kepala Keluarga (KK), maka tak jarang terjadi kesalah pahaman diantara warga.

“Setahun paling hanya menerima 10 atau 12 kepala keluarga, sedangkan keluarga yang layak dibantu itu banyak, jadi sering terjadi kesalahpahaman,” jelas Romli di kantor desa Sukamaju. Senin, (21/10/2019).

Penuturan Romli juga dibenarkan oleh Kepala seksi ekonomi dan pembangunan (Kasi ekbang) Kecamatan Megamendung, Agus Sandi. Untuk tahun kedepan kami akan mengupayakan agar masyarakat desa Sukamaju yang memiliki rumah tidak layak huni segera mendapat bantuan RTLH.

“Kuota bantuan dari pemerintah kabupaten Bogor memang sedikit yaitu hanya 5 ribu saja dan dibagi ke 412 desa,” papar Agus.

Jadi. Sambungnya, masyarakat calon penerima manfaat agar bersabar dan menunggu giliran. “Mudah – mudahan saja secepatnya RTLH warga Sukamaju dapat segera direnovasi,” Tutupnya. (Abdan)