Jakarta, Pakuan pos – Selama bulan yang penuh berkah ini, ada baiknya jika rasa sosial dan kemanusiaan lebih ditingkatkan. Buka puasa bersama bukan hanya sekedar jadi cara reuni dan bersenang-senang, tapi juga sebagai momen menyambung silaturahim yang sempat terputus antar teman atau kerabat jauh.

Buka bersama punya banyak manfaat, seperti yang dikatakan Abu Ayyub Al Anshori, Nabi Muhammad saw pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan manusia ke dalam surga, dan Rasul menjawab,
“Sembah lah Allah, jangan berbuat syirik pada-Nya, dirikan lah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

“Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya (di dunia ini)-berikut dosa yang disimpan untuknya (di akhirat)- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih).

Jadi berbuka puasa bersama memang punya banyak manfaat, menjalin silaturahim bukan hanya membuatmu lebih peduli dengan orang sekitar, tapi juga menjaga hubungan baik satu sama lain.

Berbagai sumber