Cigombong, Pakuan Pos – Program Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas III di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tahun 2021 sudah mencapai 80 persen.

Menurut ketua Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Tirta Kahirupan Desa Pasir Jaya, saat ini pihaknya tengah melaksanakan proses penyelesaian (finishing) pembangunan bak penampungan di sumber air dan bak distribusi.

Dijumpai di lokasi pekerjaan, Hermawan selaku ketua KKM Pamsimas Desa Pasir Jaya, menjelaskan, secara umum, kendala yang dihadapi oleh KKM, salah satunya yakni dalam menimbulkan kesadaran dari masyarakat untuk berswadaya. Sehingga, KKM dituntut ekstra aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa itu Pamsimas, tujuan, sasaran, serta manfaatnya.

“Kendala umum yang kami hadapi dalam mengelola program bantuan ini salah satunya adalah menggali potensi swadaya masyarakat. Sehingga saat penyetoran dana incash kami agak kewalahan. Masalahnya kalo dana incash gak masuk, otomatis dana pekerjaan juga gak akan cair”, imbuh Hermawan.

Namun, lanjut Hermawan, kendala yang ada itu tidak menjadi hambatan, bahkan menjadi cambuk bagi tim agar dapat lebih semangat dalam memaksimalkan pelaksanaan program yang dilakukan.

Sementara itu, Asep Muhendar, Ketua Satlak Program Pamsimas Desa Pasir Jaya secara spesifik menjelaskan, hingga hari ini tim kerja Pamsimas Desa Pasir Jaya sudah melaksanakan pembangunan bak penampungan dan ruang kontrol panel di sumber air yang berlokasi di Kampung Pancuran Tujuh Cisalada, berukuran 3 m x 2,5 m x 2,8 m, dengan kapasitas tampung air sebanyak 20 m3. Dan, bak distribusi di wilayah RW 02 Kampung Pasir Menjul berukuran 7 m x 2 m x 2,8 m, dengan kapasitas tampung air sebanyak 40 m3.

“Alhamdulillah, pekerjaan tahap satu dalam waktu dekat akan kami selesaikan. Sambil berjalan, kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk pekerjaan tahap dua, yakni pipanisasi”, tandas Muhendar yang akrab disapa Bung Mapeng itu. (Raden)