Lampung, Pakuan Pos – Dalam rangka mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam, Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung dibawah pimpinan Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi melaksanakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulben) Tahun 2021, bertempat di Perairan Teluk Lampung, Selasa (25/5).

Kegiatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Prajurit dan Alutsista serta mengukur kemampuan Satuan Tugas Lanal Lampung dalam melaksanakan tugas operasi yang bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Lampung guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Pelatihan yang melibatkan sebanyak 30 Prajurit Lanal Lampung ini melaksanakan materi teknik Gulben secara langsung dari Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal Lampung Kapten Laut (P) Heri Rusdianto meliputi taktik pencarian korban, evakuasi korban meninggal, evakuasi dan penyelamatan korban selamat, evakuasi medik, kesiapan lapangan/P3K, teknik evakuasi diarea pesisir dan pelabuhan, serta teknik pertolongan di tengah laut.

Sementara itu latihan Gulben tersebut menggunakan KAL Pohawang I-3-30, sea rider, Swimvest sebanyak 20 buah, ambulance dan tim kesehatan Lanal lampung.

Kegiatan latihan Gulben ini selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan professional serta tangguh mengahadapi setiap ancaman.

Penerangan Lanal Lampung.