Popda XII Jabar, Judo Kota Bogor Kembali Juara Umum

0
316

Bogor, News Warta Publik Kota Bogor memantapkan posisi sebagai juara umum di Cabang Olahraga (Cabor) Judo Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jawa Barat tahun 2018 dengan raihan enam medali emas, tiga medali perak dan empat medali perunggu.

Tambahan satu medali emas bagi Kota Bogor di hari terakhir pertandingan, pada Kamis (2/1/2018), diperoleh dari kelas +63 kg putri atas nama Aprilia Nutpatmah. Di babak final kelas +63 kg putri‎, Aprilia yang merupakan pemegang medali perunggu Popnas XIV/2017 tampil dominan tanpa lawan. Bahkan di laga final, Aprilia tidak membutuhkan waktu lama untuk mengalahkan perwakilan Kabupaten Bogor, Prakesya Kirana.

Sedangkan di nomor final lain di hari terakhir yakni di kelas +81 kg, medali emas diraih Kabupaten Bogor atas nama M. Alif Ar Rizki usai mengalahkan atlet Karawang, M. Arexa Budi Tresna melalui ippon.
Pelatih Kepala Tim Judo Popda XII Kota Bogor, Een Mardani mengaku, pencapaian pada tahun 2018 ini sekaligus meneguhkan dominasi Kota Bogor di ajang Popda Jabar yang selalu meraih juara umum sejak tahun 2012. Raihan medali emas pada Popda XII Jabar tahun 2018 pun menyamai raihan medali emas di ajang Popda Jabar sebelumnya tahun 2016 di Kabupaten Bogor.

“Sebenarnya target kita hanya tiga medali emas di Popda XII Jabar tahun ini, karena kita tidak mau terlalu over confidence. Pasalnya, kekuatan daerah lain pun kita perhitungkan seperti dari Kabupaten Karawang, Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur,” kata Een Mardani. Jumat, (3/8/2018).

Lanjutnya, performa anak asuhnya cukup baik dan dalam peak performance. Sehingga bisa melampaui target tiga medali emas yang dicanangkan sejak awal. Tiga medali emas yang kita targetkan memang tidak meleset yakni dari Aprilia, Reyhand, dan Windi karena mereka bertiga merupakan eks atlet Jabar di Popnas XIV tahun 2017 lalu di Semarang.

“Tiga atlet tersebut di luar prediksi kami ternyata ‎mampu raih medali emas yakni di kelas 66 kg putra, kelas 73 kg putra, dan kelas 52 kg putri. Sementara tiga atlet lain yang masuk babak final, gagal meraih medali emas,” ujarnya.

Een menambahkan, beberapa atlet yang turun di Popda XII Jabar, merupakan atlet yang juga dipersiapkan untuk Porda XIII Jabar pada Oktober 2018 di Kabupaten Bogor. Bahkan pihaknya sudah melakukan pelatihan jangka panjang sejak bulan Januari 2018 lalu.

“Terutama untuk enam atlet peraih medali emas di Popda XII Jabar ini. Mereka bisa bermain di Porda XIII Jabar karena ada kelas usia juga yang dipertandingkan. Jadi ajang ini bisa menjadi ajang try out mereka sebelum turun di Porda XIII Jabar,” paparnya.

Sebelumnya, Kota Bogor sudah meraih lima medali emas, tiga medali perak dan tiga medali perunggu. Lima medali emas bagi Kota Bogor disumbangkan dari kelas 46-50 kg putra atas nama Reyhand Syach Rezza, lalu Andika Erlangga Bimantoro dari kelas 60-66 kg putra, Muhammad Sulthan Hafizh dari kelas 66-73 kg putra, Nur Salwa Agustina dari kelas 48-52 kg putri, dan Windi Ardana dari kelas -40 kg putri.[ Red ]

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik