Sukabumi, Pakuan pos – Jajaran pengurus dan anggota Pers Sukabumi Ngahiji bersama panitia menggelar rapat persiapan akhir untuk acara deklarasi bertempat di Cafe Coffe Siliwangi, Jalan Raya Siliwangi Palabuhanratu, Ahad (19/7/2020). Rencananya organisasi yang menampung wartawan dari sekitar 85 media massa tersebut akan menggelar deklarasi pada Rabu (22/7/2020) di Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu.

Rapat persiapan akhir deklarasi dihadiri sekitar 50 pengurus dan anggota serta Panitia Deklarasi PSN. Mereka berasal dari berbagai media elektronik, cetak, dan online dari berbagai wilayah di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta utusan dari luar daerah seperti Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Jakarta.

“Kami menyebarkan undangan kepada 50 anggota. Alhamdulillah sebagian besar wartawan yang kami undang dapat hadir pada rapat ini,” kata Ketua Umum PSN, Iwan Sugiyanto di tengah kesibukan mengatur jalannya rapat.

Dari hasil rapat persiapan akhir itu, Iwan mengaku lega karena panitia dapat menunaikan amanatnya dengan baik dan benar. Panitia telah memberikan undangan kepada Bupati Sukabumi, Kapolres Sukabumi, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, dan jajaran Muspida lainnya, termasuk pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Persiapan sudah mantap, tinggal pelaksanaan. Para perwakilan dari daerah lain juga menyatakan akan hadir pada deklarasi PSN,” tutur dia.

Salah satu tujuan rapat persiapan akhir, ujar Iwan, adalah untuk menyamakan persespi dan langkah dalam penyelenggaraan deklarasi PSN. Tiap-tiap bidang pada panitia dibantu oleh jajaran pengurus harus menjalankan peran dan fungsinya agar tidak tumpang tindih dan saling mengandalkan.

“Rapat pemantapan berjalan lancar. Kami lebih yakin dan mantap menuju acara deklarasi. Sesuai dengan motto organisasi ‘kita kuat karena kita bersama’, kami selalu mengutamakan kebersamaan untuk membangun kekompakan,” kata Iwan.

Misi terpenting dari PSN, lanjut Iwan, adalah bersama-sama memajukan dan mengembangkan dunia jurnalistik, khususnya di Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi. Karena itu, PSN mendapat sambutan dari insan pers yang berkiprah secara aktif dan profesional dalam menjalankan peran dan fungsi pers nasional yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

“Kehadiran Pers Sukabumi Ngahiji mendapat apresiasi dan pengakuan dari berbagai kalangan. PSN merupakan organisasi wartawan pertama yang membawa ikon Sukabumi ke kancah nasional,” jelas Iwan.

Dia minta doa dan dorongan agar PSN dapat mengangkat citra, harkat, dan martabat wartawan sebagai salah satu pelaku pembangunan dan pilar keempat demokrasi setelah legislatif, eksekutif, dan legislatif.

“PSN telah memiliki dan memenuhi persyaratan legal formal sebagai organisasi wartawan. Jadi kami ini organisasi resmi yang diakui negara,” ujar dia. (*)