Kendari, Pakuan Pos – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Kendari, secara virtual, Rabu, 9 Februari 2022.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia.

Presiden menyampaikan bahwa industri pers di Tanah Air telah mengalami tekanan yang besar akibat pandemi.

Tekanan ini diperparah oleh disrupsi digital hingga hadirnya platform asing yang menggerus potensi ekonomi nasional.

“Muncul pula, sumber informasi yang semata mengejar views dan viral, hingga konten yang mengadu domba,” kata Jokowi seeprri dikutip dari YouTube Setpres, pada Rabu (9/2/2022).

Atas semua tantangan tersebut, Jokowi berharap media massa terus berubah menjadi lebih baik dan bertransformasi, semakin inovatif, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakselerasi pertumbuhan yang sehat. Hadirkan pemberitaan yang penuh dengan optimisme dan berita baik, mencerdaskan, dengan dilandasi integritas wartawan.

Mengakhiri sambutannya Jokowi menegaskan pemerintah segera mendorong penyelesaian regulasi untuk menciptakan iklim industri dan persaingan pers yang sehat.

“Saya akan mendorong terus setelah nanti pilihan sudah ditentukan,” ungkap Jokowi

Seperti diketahui, Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Adapun, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 digelar di Masjid Al-Alam Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (9/2) pagi.

Humas HPN 2022