Sukabumi, Pakuan Pos – Dalam kesempatan sebelumnya, Sekda Ade Suryaman mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd, dalam prosesi penyambutan oleh Ketua Adat Kasepuhan Cipta Gelar Abah Ugi Sugriana Rakasiwi di Kasepuhan Cipta Gelar Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok. Jumat (14/1), Sekda juga menghadiri peringatan sewindu atau delapan tahun lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang juga digelar di lokasi yang sama, Sabtu (15/1/2022) .
.
Kemendes PDTT menggelar peringatan Sewindu lahirnya UU Desa dengan tema ” Percaya Desa, Desa Bisa”. Kegiatan ini juga dihadiri Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kemendes PDTT dan Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Menurut Menteri, telah terbukti bahwa desa tangguh dan mampu menjadi pilar ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

“Ketahanan ekonomi desa selama pandemi salah satunya ditunjang dengan adanya dana desa yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Dana desa ini menjadi penopang utama APBDes,” kata Gus Halim

Sudah saatnya, lanjut Menteri, kepercayaan terhadap Desa ditingkatkan oleh seluruh pemangku kepentingan (stake holder) yang ada mengingat dari tahun ke tahun performa desa dalam mengelola dana desa maupun program kerja kian meningkat.

Menteri pun menegaskan jika data desa berbasis SDGs Desa telah rampung, maka akan menjadi titik tolak percepatan pembangunan desa.

” Nantinya, data SDGs Desa ini akan dijadikan sebagai instrumen bagi semua pihak agar urusan data bisa langsung tanya ke desa. Data SDGs Desa akan jadi pintu masuk untuk semuanya yang membutuhkan data” tegasnya

Sekda Ade menyampaikan rasa bangga karena Menteri Desa PDTT dalam beberapa hari dapat menyatu dengan kehidupan masyarakat di kasepuhan Cipta Gelar sehingga dapat merasakan langsung kehidupan keseharian menjadi warga desa kasepuhan Cipta Gelar.

” mudah mudahan pengalaman tersebut menjadi kesan yang indah sehingga dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat antara Kementerian Desa PDTT dan Pemkab Sukabumi” Ujarnya. (PR/red)