Bandung, Pakuan Pos – Dalam rangka mendukung percepatan program Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif (KKPP), Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara bersama Menteri Lingkungkan Hidup Dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lembah Harapan Jaya dan Layung Wana Lestari, di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lembang, pada hari Rabu (21/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri LHK Siti Nurbaya beserta jajaran, Wakil Administratur Perum Perhitani Bandung Utara Erwin Setiadi beserta jajaran, Kepala BKPH Lembang Herry Rohmatul Fitri, serta perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lembah Harapan Jaya Adi Sutriatna.

Dalam kesempatannya, Siti Nurbaya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna meninjau implementasi program KKPP yang bersinergi dengan pihak Perum Perhutani. Program KKPP ini merupakan upaya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar hutan dengan memanfaatkan sumber daya hutan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Sesuai peraturan, semua kegiatan yang dikerjakan oleh LMDH akan bertranformasi menjadi Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif (KKPP). Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk meninjau sejauh mana program melalui skema KKPP ini berjalan dengan baik. Serta melihat langsung adanya sinergitas antara Perum Perhutani dan LMDH untuk menjaga keberlanjutan fungsi hutan,” jelasnya.

“Semoga kedepannya hubungan antara Perhutani dan LMDH akan selalu harmonis dalam menjaga kelestarian hutan yang ada di pulau jawa,” tambahnya.

Yudha pun menambahkan bahwa Perum Perhutani khususnya yang ada di wilayah Divre Janten akan terus melakukan pembinaan kepada LMDH terkait program KKPP ini.

Sementara itu, perwakilan LMDH Adi Sutriatna menyampaikan harapannya terkait adanya transformasi KKPP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar hutan. (Ben)