Ciawi, Pakuan pos – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang di dapat dari Dana desa (DD) untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid – 19 hendaknya disalurkan sesuai dengan hasil Musyawarah desa khusus (Musdesus).

Pendamping desa Ciawi kabupaten Bogor, Ade Salman mengatakan bahwaTerkait BLT DD Sudah diatur dengan tahapan – tahapan yang sangat jelas, Baik itu melalui surat edaran Bupati atau dari kemendes.

“Calon penerimanya juga harus diluar yang mendapatkan bantuan lainnya dari jenis – jenis bantuan seperti PKH, BPNT, Bantuan Presiden, Bantuan Gubernur, bantuan kemensos dan PRA kerja,” jelas Ade. Rabu, (3/6/2020).

Dia juga menegaskan untuk validasi finalisasi data bagi calon penerima BLT DD, harus melalui Musdesus dan dibuat berita acara nya.

“Memang musdesus sendiri ada yang dihadiri oleh pendamping desa, ada juga yang tidak karena waktu yang berbarengan,” katanya.

Kaur kesra Desa Banjarwangi, Saptaji mengatakan untuk desanya ada 153 orang penerima dengan jumlah 600 ribu/ orang selama tiga bulan berturut – turut.

“Jadi sistem pembagiannya diberikan ke RT, dan oleh RT terkait diberikan ke orang yang bersangkutan. Di Banjarwangi BLT DD sendiri banyak diberikan ke Jompo dan masyarakat miskin sesuai pengajuan RT masing – masing,” tutup Saptaji. (Abdan)