Sukabumi, Pakuan Pos – Warga kampung bojong Menteng RT 025 RW 006 Desa Palasari girang, kecamatan Kalapanunggal kabupaten Sukabumi Jawa Barat, menggelar nonton bareng (Nobar) film penumpasan penghianatan G 30 S/PKI, Kamis (30/9/2021) malam pukul 19.30 s.d selesai. Mereka rela duduk lesehan beralaskan karpet sambil menyaksikan film yang diputar sebagaimana layaknya layar tancap.

Acara Nobar yang mengambil lokasi di halaman kantor kiniku Trans platform digital Sukabumi ini tak hanya diikuti orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Mereka sengaja diajak untuk menyaksikan film yang menceritakan tentang tragedi berdarah pemberontakan G 30 S/PKI.

“Dengan pemutaran film G 30 S/PKI itu, masyarakat dan juga anak-anak diharapkan memahami peristiwa sejarah gerakan 30 September 1965,” Kata Jalal ketua RT 025.

Karena itu, diperlukan kewaspadaan agar bahaya laten komunis tidak bangkit kembali di Indonesia. “Alhamdulillah sesuai himbauan, selama pemutaran film warga mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker,” ujarnya.

Ditempat yang sama, inisiator nobar M.Aldiansyah mengucapkan terima kasihnya kepada tim kiniku dan juga warga masyarakat yang sudah mensupport acara, dari mulai persiapan sampai dengan pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Pantauan Djava media group saat berada di lokasi acara, tampak hadir Kades Palasari Girang Ujang Ma’mun, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda Bojong Menteng, ketua RT 23 Elan, dan warga masyarakat sekitar.

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih, kepada kepala desa Palasari girang Ujang Ma’mun khususnya, ketua RT, tokoh agama ustadz Aep, tokoh masyarakat setempat, pemuda Bojong Menteng, dan semua pihak yang tidak bisa disebut satu persatu,” pungkas Aldi panggilan akrabnya.

Sebagai penutup, acara diakhiri dengan doa, ‘ngaliwet’ (makan bersama-red) dan berbincang santai mengenai kegiatan para pemuda dan sejarah singkat mengenai petilasan makam sepuluh. (Adj)