Sorong, Pakuan Pos – Untuk menyukseskan Herd Immunity keseluruh elemen masyarakat khususnya di wilayah Sorong, TNI AL gabungan dari Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 kembali menggelar serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim di Lapangan Umbul Harjo, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Kamis (12/08/2021).
Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto mewakili Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto, S.E., didampingi Asintel Danpasmar 3 Kolonel Mar Profs Dhegratmen SA, M.Tr.Hanla dan Asops Danpasmar 3 Kolonel Mar I Gede Edy Supryadi, M.Tr.Hanla meninjau serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang merupakan wujud perhatian TNI AL kepada warga masyarakat sekaligus membangun sinergitas dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong.
Pada peninjauan tersebut juga dihadiri oleh Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr.Opsla., Kas Koarmada III Laksma TNI Yeheskiel Katiandago, S.E., M.M.,M.H., Ir Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si. (Han)., Danlantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, para pejabat utama TNI AL Sorong, Kasiter Korem 181/PVT Kolonel Arm Djoko Sujarwo, Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si. dan pejabat undangan lainnya.
Kegiatan vaksinasi tahap kedua yang digelar ini menggunakan vaksin jenis Sinovac dan diperuntukkan bagi warga masyarakat yang sebelumnya telah menerima vaksin dosis pertama di Katapop Pantai Distrik Salawati pada tanggal 15 Juli 2021 lalu.
Selain itu, sinergitas jajaran TNI AL wilayah Sorong dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong merupakan wujud nyata kesungguhan TNI AL dalam mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran Virus Covid-19, baik dari segi kesehatan maupun pemulihan ekonomi masyarakat nasional.
Wadan Pasmar 3 mengatakan, Korps Marinir khususnya Pasmar 3 mengerahkan seluruh tenaga dan sumber daya yang dimiliki untuk mendukung program pemerintah sehari 1 juta orang tervaksin sesuai dengan perintah Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.
Lebih lanjut dikatakan, ini adalah bagian dari sinergitas dan gotong royong dari semua pihak, selama bulan Agustus ini akan terus dilakukan serbuan vaksinasi untuk masyarakat Sorong sehingga sasarannya akan tercapai nantinya dan dapat terbentuk Herd Immunity.
“Peran serta prajurit Pasmar 3 dalam membantu pemerintah pusat  untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi serta pencapaian target 1 juta orang dalam sehari, dengan upaya penebalan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin sehingga mencapai Herd Immunity,”ucapnya.
Sementara itu, di tempat berbeda prajurit Pasmar 3 bekerja sama dengan Puskesmas Mariat dan Puskesmas Malawili Kabupaten Sorong juga melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim dengan target mencapai 700 dosis yang meliputi, Puskesmas Mariat sejumlah 224 dosis dan Puskesmas Malawili sejumlah 481 dosis.**