Cigombong, Pakuan Pos – Berdasarkan hasil evaluasi dalam pelaksanaan vaksinasi massal tingkat kecamatan di wilayah Kecamatan Cigombong yang digelar selama dua pekan di area Sekolah Kepolisian Negara Polda Metro Jaya (SPN PMJ) Lido beberapa waktu lalu, animo masyarakat di hampir tiap desa terbentur oleh jauhnya jarak yang harus ditempuh.

Seperti halnya yang diungkapkan Sekdes Ciadeg, Acep Hidayatna Salta (AHS) saat dijumpai pakuanpos.com di ruang kerjanya, rabu (28/07/2021).

“Sebetulnya animo masyarakat desa kami untuk divaksin itu bagus. Hal itu kami buktikan saat pelaksanaan vaksinasi di desa. Dari kuota dalam sehari seratus orang, yang datang mencapai seratus dua puluh orang lebih. Tapi ketika lokasi vaksinasi dialihkan ke SPN Lido jumlah warga yang datang jadi berkurang. Ketika kami tanya, kebanyakan mereka terkendala oleh jarak dan transportasi. Sementara kendaraan yang kami siapkan untuk antar jemput, mobilitas dan daya angkutnya sangat terbatas”, papar AHS.

Namun demikian, lanjut AHS, pihak desa tetap mensosialisasikan kepada masyarakat agar divaksin secara maksimal pada pelaksanaan vaksinasi lanjutan. Untuk waktu dan tempat vaksinasi lanjutan, AHS mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal dari Puskesmas Ciburayut.

Sekdes menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menyalurkan bantuan sosial isolasi mandiri tahap pertama dari pemerintah kabupaten dan menyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa. kepada warganya.

“Sebelumnya untuk bantuan sosial isoman kami mengajukan untuk 15 warga. Tapi karena satu orang warga ternyata administrasi kependudukanya tercatat di desa lain jadi yang terealisasi hanya bantuan untuk 14 warga yang sedang melakukan isolasi mandiri. Dan untuk blt dd bulan ke tiga kami salurkan kepada 135 kpm”, tandas AHS.

Menutup pembicaraan, Sekdes Ciadeg mewakili pemerintah desa mengimbau kepada seluruh masyarakatnya agar tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga stamina tubuh, dan selalu berkoordinasi dengan pihak desa ketika mengalami gangguan kesehatan yang disinyalir ada gejala terpapar, agar dapat segera ditindaklanjuti. (Raden)