Pakuan pos – Hari ini, Sabtu tanggal 1 Juni 2019 yang bertepatan dengan hari lahirnya pancasila. Hari dimana dasar Negara Indonesia beberapa tahun silam dirumuskan oleh para pendiri bangsa.

Dasar Negara dinama Pancasila mengandung maksud sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai merauke.

Dengan dasar Negara ini diharapkan mampu menjadi pengikat beberapa pulau yang ada di Indonesia menjadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dimana tidak ada suatu “dinding pemisah” antara bagian barat, tengah dan timur semua menjadi satu dengan satu dasar yakni Pancasila.

Makna dari pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak hanya dihafalkan saja akan tetapi perlu adanya wujud nyata dari setiap warga Negara Indonesia untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki dan menghormati antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. (ADj)