Sukabumi, Pakuan Pos – Pemuda merupakan penentu masa depan sebuah bangsa, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perubahan dan setiap episode sejarah bangsa ini pun pemuda menjadi elemen sangat besar kontribusinya, sejarah mencatat bahwa proses kemerdekaan Indonesia, masa kemerdekaan, sesudah kemerdekaan, tak lepas dari peran pemuda, pemuda senantiasa ada di lini terdepan.

Demikian dikatakan Ela Nurlaela salah satu pendiri paguyuban warga Mitra usaha bersama (Pamiarsa) pada Selasa, (2/11/2021) siang. Didirikannya paguyuban, berawal dari kepedulian dan melihat potensi yang ada dan keahlian yang dimiliki oleh sejumlah para pemuda di kampungnya.

“Berbekal dari situ, dan ada kesamaan visi dan misi akhirnya kita sepakat dengan yang lainnya mendirikan Pamiarsa. Alhamdulillah sampai hari ini masih berkegiatan, kemarin 27 Oktober genap berusia satu tahun,” Kata Ela.

Sang proklamator Bung Karno pernah mengucapkan retorika yang sangat luar biasa, ‘Berikan 10 orang pemuda dan aku akan mampu memindahkan sebuah gunung dan berikan aku 100 orang pemuda maka aku akan dapat menggerakkan dunia’.

“Kalimat tersebut beliau ucapkan untuk memompa semangat dan heroisme, salah satunya kaum muda untuk membangun bangsa ini pada era kemerdekaan,” Ujarnya.

Dikatakannya, pemuda harus menjadi garda terdepan dalam perubahan, artinya ikut membangun. Di Pamiarsa sendiri, saat ini ada beberapa kegiatan budi daya. Dan yang terbaru sedang dikembangkan budi daya maggot dan produk olahan lainnya.

“Saat ini terus dikembangkan, ada ternak kelinci, ikan lobster air tawar, ikan cupang, bibit tanaman buah, tanaman hias, maggot, dan yang lainnya. Mudah-mudahan kedepan makin lengkap,” harapnya.

Masih kata Ela, semua kegiatan yang ada tidak terlepas dari dukungan warga sekitar, unsur wilayah, pemerintah Desa Makasari khususnya yang terus mensupport Pamiarsa. “Alhamdulillah support dan dukungannya tersebut menjadikan semangat juga motivasi,” Katanya.

Semangat jiwa muda yang masih membara. Sambungnya, selalu melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif untuk membangun dilingkungan khususnya, membangun desa pada umumnya.

“Pemuda diharapkan memiliki kreatifitas, percaya diri, konsisten dan semangat. Karena, perubahan seseorang hanya kita yang bisa merubahnya,” Terang Ela yang juga sekretaris Pamiarsa.

Peran dan partisipasi pemuda dalam pembangunan harus merupakan hal yang nyata, karena berbagai potensi, bakat, kemampuan, dan keterampilannya. “Semangat dan idealisme yang kental dari para pemuda dinilai akan memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan,” Pungkasnya. (Adj)