Cijeruk, Pakuan Pos – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi tahun anggaran 2021 bagi Petani Pemakai Air (P3A) atau gabungan Perkumpulan Petani pemakai Air (gP3a) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) selaku penerima P3-TGAI untuk perbaikan jaringan
irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi, atau peningkatan jaringan irigasi yang dikerjakan secara swakelola di Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, yang dinamai “P3A Kirainah” mulai dikerjakan

Suhanda, Ketua P3A Kirainah yang akrab disapa Abah Usu itu menjelaskan, sebelum pekerjaan dilaksanakan, panitia pembangunan, pendamping serta konsultan melakukan survey medan yang akan dibangun, untuk melihat kondisi real di lapangan, yang tujuanya agar semua perhitungan yang telah disusun tidak meleset.

“Lokasi P3A Kirainah berada di Kampung Palasari rt 8 rw 3 desa tanjungsari. Volume pekerjaan yang akan kami laksanakam itu sekitar 360 meter. Namun kami akan upayakan bisa mencapai 400 meter. Dengan kedalaman pondasi 40 cm ketinggian dari permukaan pondasi 50 cm dengan lebar 30 cm. Ada 2 titik yang ketinggiannya mencapai 3 meter. Agar masyarakat dapat turut merasakan manfaat dari program bantuan ini, kami mempekerjakan sebanyak 30 orang, dibagi menjadi 3 regu dengan cara kerja bergiliran”, papar Abah Usu, di kediamanya, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan ketentuan balai, tambah Abah Usu, pekerjaan harus dapat diselesaikan dalam waktu 70 hari. Namun dengan perencanaan yang matang serta disiplin kerja yang baik serta tidak terkendala oleh cuaca buruk, dirinya optomis pekerjaan dapat selesai dalam waktu satu bulan saja. (Raden)