Cigombong, Pakuan pos – Terkait pembohongan publik atas bantuan Bos Afirmasi dan Kinerja yang dilakukan oknum guru honor di SDN Sindanglaya Loji Cigombong, Koryandik Cigombong lempar bola. Sementara itu Entis Sutisna selaku Kadisdik Kabupaten Bogor memilih bungkam.

Saat dikonfirmasi ulang terkait hal tersebut Ade Somad Koryandik Cigombong mengarahkan agar awak media melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan.

“Waktu itu yang datang ke sindanglaya pak kasi agus. Jadi labih baik bapak minta keteranganya ke dinas saja”, kilahnya, seolah tidak mau tau akan persoalan tersebut. Padahal Sekolah Dasar se Kecamatan Cigombong itu dibawah pengawasanya.

Sementara itu Entis Sutisna Kadisdik Kabupaten Bogor saat dikonfirmasi melalui pesawat telepon tidak nyambung karena gangguan jaringan. Namun ketika Entis dikonfirmasi melalui pesan singkat (wa – red) tidak merespon sama sekali.

Menyikapi hal itu, Jajang Nurjaman, Koordinator Investigasi pada Centre For Budget Analysist (CBA) berpendapat kasus ini sudah jelas ada dugaan kuat tindak pidana korupsi atau adanya dugaan modus manipulasi anggaran. Center for Budget Analysis mendorong pihak berwenang dalam hal ini Kejari Kabupaten Bogor segera bertindak proaktif dengan melakukan penyelidikan.

Lebih lanjut Jajang mengatakan, patut diduga praktik manipulasi dana pendidikan sudah lazim terjadi, kasus di SDN Sindanglaya bisa dijadikan pintu masuk untuk mengawasi penggunaan dana pendidikan di Kabupaten Bogor.

“Pihak-pihak terkait harus segera dievaluasi, dinas pendidikan juga harus terbuka kepada publik dalam evaluasi pemeriksaan internal dugaan manipulasi anggaran di SDN Sindanglaya”, tandasnya. (R. Bhenz)