Nurul Fahmi : Wartawan Harus Berani Menulis Kebenaran

    0
    233

    Jambi, News Warya Publik- Ketua Ikatan Wartawa Online (IWO) Provinsi Jambi Nurul Fahmi mengatakan seorang Wartawan harus berani menulis kebenaran demi kepentingan orang banyak. Ini dikatakannya saat menjadi pembicara pada Pelatihan Jurnalistik Pers Mahasiswa di aula kampus Universitas Batanghari Jambi, Sabtu (8/9).

    “Misalnya ada kehilangan motor di kampus maka kita harus berani membuat berita, ini sebagai bahan perbaikan ke depan. Jangan tutupi fakta hanya untuk menjaga nama baik kampus, wartawan harus berpikir untuk kepentingan yang lebih luas, “katanya.

    Menyikapi kekhawatiran akan dimusuhi narasumber akibat menulis berita buruk sesuai fakta, kata Fahmi, itu merupakan resiko pekerjaan, yang penting dalam menjalankan tugas tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik.

    “Secara pribadi saya menganggap seperti ilmu cermin, jika narasumbernya baik maka mereka akan berpikir baik, demikian sebaliknya jika narasumber buruk makan mereka akan berpikiran buruk, “katanya.

    Dia juga mendorong kepada wartawan untuk terus mengasah kemampuan menulis serta secara terus menerus memperbarui informasi sebagai bahan penulisan berita.

    “Selain meningkatkan kemampuan menulis secara personal, wartawan juga diwajibkan kecepatan berpikir dan menganalisa sebuah kejadian. Wartawan jangan hanya menulis sebuah kejadian sesuai yang dilihat, tapi mencari tahu penyebab kejadian, ”

    Sementara pengagas pelatihan jurnalistik Wahyu Jati mengatakan, tujuan kegiatan ini mengajak Pers Mahasiswa untuk belajar tentang profesi wartawan serta pengelolaan media.
    ” Kami ingin mengajak pers mahasiswa di Jambi untuk memahami lebih jauh tentang profesi wartawan serta cara menjalankan media Online, “kata Redaksi Pers Mahasiswa Universitas Batanghari Patriotik ini.

    Pelatihan Jurnalistik ini sendiri diikuti oleh puluhan Pers Mahasiswa yang ada di Kota Jambi seperti Patriotik. Net dari Unbari, Unja GentaFkip, Al Manar UIN Sultan Thaha, Jambipink STIKOM.

    Sebelum pelatihan dilaksanakan pelantikan pengurus Pers Mahasiswa Patriotik Unbari periode 2018-2019 dengan Pemimpin Redaksi Wahyu Jati. [ Red ]

     

    News Warta Publik