Pakuan pos – Indonesia kaya akan tradisi yang unik yang harus kita pelihara terus sampai kapanpun. Tradisi yang unik yang satu ini adalah tradisi dari Jawa Barat atau biasa kita sebut Sunda. Salah satu tradisi unik dari provinsi ini adalah Ngaliwet.

Ngaliwet berarti memasak nasi liwet, nasi yang hanya dimasak sekali dan dicampur dengan rempah-rempah yang membuat nasi ini lebih beraroma wangi dan tentunya enak. Tradisi unik ini tidak hanya acara makan bersama tapi ada beberapa ritual didalamnya.

Ada ritual masak bersama, mulai dari patungan biaya, membeli bahan makanan atau menyumbang bahan makanan mentah untuk nantinya dimasak bersama-sama.

Ngaliwet, tradisi makan bersama seolah sudah menjadi aktivitas rutin dan kerap dilakukan orang Sunda, tidak terkecuali bagi para alumni SMAN 1 Cicurug kabupaten Sukabumi Jawa barat angkatan 1996 yang tergabung dalam ikatan Alumni menjalin silaturahmi (iluni96), dalam setiap kegiatan/acara selalu diakhiri dengan ngaliwet.

Dalam tradisi makan seperti ini, tidak ada jenjang diantara mereka. Semua statusnya dianggap sama, karena ini mencerminkan semangat guyub dan kebersamaan.

Melalui ngaliwet juga banyak hal positif yang bisa diambil. Di antaranya seperti bermakna kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama. (ADj)