Sukabumi, Pakuan pos – Musyawarah merupakan bagian dari demokrasi dan masih sering dipakai di lingkungan masyarakat. Musyawarah merupakan sebuah sistem pengambilan keputusan yang melibatkan dua orang atau lebih dengan menyajikan kepentingan-kepentingan sehingga dapat tercipta suatu keputusan yang disepakati bersama.

Demikian dikatakan Ela, salah satu pengurus PAMIARSA (paguyuban warga mitra usaha bersama) disela kegiatan acara diskusi, musyawarah mufakat dengan tema; ‘sumbang saran sambung rasa’ di sekretariat PAMIARSA kampung cirangkong, RT 017 RW 007, desa makasari, kecamatan kalapanunggal, kabupaten Sukabumi Jawa barat pada Rabu, 23 Desember 2020 pukul 21.00 – 22.30 WIB malam.

“Banyak manfaat dari bermusyawarah, setiap orang bisa bertemu dengan beberapa karakter yang berbeda, dan itulah demokrasi,” kata Ela. Jum’at, (25/12).

“Anggota didalamnya. Lanjutnya, bisa bersilaturahmi dan mempererat hubungan tali persaudaraan antar sesama anggota, dan yang lainnya,” ujarnya.

Pantauan Djava Media group saat berada di lokasi, dalam kegiatan tampak hadir kepala dusun (Kadus) cirangkong desa makasari Rizki Rahman, ketua PAMIARSA dan jajaran pengurus, anggota, tokoh pemuda, serta warga masyarakat setempat.

Acara yang dikemas secara sederhana santai penuh keakraban, kehangatan, dan kebersamaan tersebut juga membahas beberapa kegiatan kedepan, khususnya di kedusunan cirangkong, umumnya desa makasari.

Dalam kesempatan itu ketua PAMIARSA Fitra Ramdhan menyambut baik beberapa rencana kegiatan yang sempat dibicarakan dalam musyawarah tersebut.

“Mudah-mudahan dari apa yang kita diskusikan dalam musyawarah ini bisa terealisasi dan terlaksana seperti yang kita harapkan, bisa saling mengisi, menyampaikan ide dan gagasan demi kemajuan bersama,” ujar ketua PAMIARSA, Fitra Ramdhan.

Musyawarah merupakan bentuk pengamalan sila ke 4 Pancasila, yakni “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.”

“Musyawarah memiliki tujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan, pada dasarnya prinsip dari musyawarah adalah bagian dari demokrasi,” pungkas Fitra Ramdhan yang juga ketua pemuda RT 017. (Adj)