Sukabumi, Pakuan pos – Asosiasi Badan Pemusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Sukabumi inisiasi musyawarah Badan Permusyawarakatan Desa (BPD) di Hotel Sukabumi Indah, Senin (28/12/2020)

Acara tersebut dibuka Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Dalam rangka untuk memberikan pembekalan penyusunan laporan kinerja BPD tahun anggaran 2020

H. Marwan Hamami mengatakan, acara silaturahmi ini sangat baik. Apalagi, untuk mengevaluasi setiap kegiatan BPD dalam satu tahun.

“Setiap tahun harus bisa mengevaluasi tanggungjawab. Sehingga, capaian hasil dan tanggungjawab bisa dikoreksi. Sehingga akan muncul solusi ke depannya,” ujarnya.

Selain itu, silaturahmi ini bisa dilakukan untuk bertukar informasi dan gagasan antara BPD se Kabupaten Sukabumi. Sehingga, bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi di wilayahnya masing masing.

“BPD bisa bertukar pikiran tentang pembangunan desa. Sehingga, program yang baik bisa diadopsi. Tentu saja disesuaikan dengan wilayah masing masing,” ucapnya.

Apalagi desa saat ini menjadi sorotan pemerintah pusat. Bahkan banyak program dari pemerintah pusat untuk desa.

“Salah satu program yang didorong ialah one village one product. Setiap desa didorong menyiptakan minimal satu produk unggulan,” ungkapnya.

Hal tersebut pun berkesinambungan dengan RPJMD Kabupaten Sukabumi yang mengarah ke sektor pariwisata dan pertanian.

“Potensi di setiap desa bisa dicermati untuk terus dikembangkan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengajak BPD se Kabupaten Sukabumi untuk menyosialisasikan pencegahan penyebaran covid 19 agar wabah itu bisa menghilang dari Kabupaten Sukabumi.

“Di setiap kegiatan, mari sosialisasasikan pencegahan penyebaran covid 19,” bebernya.

Ketua DPC Abpednas, Sulaeman, mengatakan, silaturahmi ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan untuk merefleksikan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) BPD.

“BPD harus bertanggungjawab dengan tupoksinya. Termasuk menjaga sinergitas dengan kepala desa dan perangkatnya,” pungkasnya.

Press release
Pemkab Sukabumi