Bogor, Pakuan pos – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor menyelenggarakan turnamen bulu tangkis se-kecamatan yang dinamakan Gamarexy Cup 2020. Acara yang didukung oleh Humanity First Indonesia (HFI) tersebut diadakan mulai tanggal 12-29 Agustus 2020.

Turnamen tersebut dibagi menjadi 2 grup dengan jumlah peserta 62 tim (ganda putra), menggunakan sistem gugur.

Sekretaris Desa Pondok Udik, Imam Hermawan menyampaikan tujuan utama dari turnamen tersebut untuk memperkuat tali silaturahmi antar masyarakat.

“Tujuannya untuk lebih meningkatkan silaturahmi antara warga desa Pondok Udik maupun di luar desa Pondok Udik yang belakangan ini karena pandemi sulit mengadakan event-event,” ujarnya setelah menyerahkan piala kepada para juara.

Imam berharap event semacam ini dapat dikembangkan. Pemerintah desa (Pemdes) pun mempunyai program untuk menjaring bakat-bakat para pemuda.

“Event-event semacam ini sebetulnya sudah beberapa kali diadakan, bukan kali ini saja. Harapan kedepannya supaya bisa dikembangkan lagi untuk para pemain yang usianya masih mendukung. Dari pemerintah desa dari awal tahun sudah ada program penjaringan adik-adik kita yang berbakat. Mudah-mudahan ini bisa mengikuti tingkatan yang berjenjang hingga mengikuti tingkatan yang lebih atas,” tambahnya.

Imam yang mewakili Pemdes Pondok Udik berpesan kepada para juata agar menjaga kondisi fisiknya dan tetap berlatih.

“Tetap jaga kondisi, tetap berlatih, dan ini bisa dikembangkan lagi untuk mendukung program-program kita berikutnya,” pungkasnya.

Ketua Panitia Turnamen Gamarexy Cup 2020, Umar, mengatakan hal yang sama bahwa tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk menjalin silatuhrahmi dan mempererat hubungan antar Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) se-kecamatan Kemang. Dia juga menegaskan bahwa terselenggaranya turnamen tersebut atas dukungan banyak pihak.

“Acara ini terselenggara atas kerjasama semua elemen dari anggota PB dan para tokoh masyarakat serta para donatur,” katanya, Sabtu (29/8).

Secara umum turnamen berjalan lancar. Umar berharap agar momen tersebut dapat membangkitkan gairah pemuda untuk mencintai dan menggemari olahraga bulu tangkis.

Selanjutnya Maulana Basuki Ahmad, perwakilan Humanity First Indonesia (HFI) menjelaskan tujuannya mendukung kegiatan olahraga bulu tangkis yang telah dilaksanakan tersebut.

“Humanity First Indonesia selalu concern dalam bidang pemberdayaan masyarakat dalam segala bidang. Olahraga khususnya bulu tangkis adalah olahraga yang cukup bermasyarakat,” katanya kepada wartawan.

Basuki mengungkapkan harapannya agar program yang didukungnya tersebut dapat membangkitkan semangat para pemuda dan mencetak pemain-pemain olahraga profesional.

“Harapannya bagaimana dapat membuat semangat bagi para pemuda di kecamatan Kemang ini dalam mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif, serta menelurkan bibit-bibit pemain olahraga di kancah nasional ataupun internasional,” harapnya.

Sebelumnya HFI telah mendukung turnamen sepak bola di kecamatan Kemang. Basuki menegaskan bahwa HFI akan terus mendukung kegiatan masyarakat.

“Sebelum ini HFI juga mensupport pertandingan sepak bola di kecamatan Kemang. Insya Allah HFI akan terus mendukung kegiatan kemasyarakatan baik di tingkat desa sampai tingkat Kabupaten dan Kota Bogor,” tegasnya.

Juara dalam turnamen Gamarexy tersebut di grup A adalah pasangan Abay/Abet dari PB Rajawali (Juara 1), Kheling/Asep dari PB Gamarexy (Juara 2), dan Kholik/Iqbal (Juara 3). Sedangkan untuk grup B, pasangan Indra/Hendra (Juara 1), Omix/Roni (Juara 2), dan Kevin/Ardi (Juara 3). (Mubarak)